Upaya Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Membaca Asma Al-Husna Dan Shalat Berjamaah Di SMP Ma'arif 9 Grogol Sawoo Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Yuliastutik, wenni (2021) Upaya Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Membaca Asma Al-Husna Dan Shalat Berjamaah Di SMP Ma'arif 9 Grogol Sawoo Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
WENNI YULIASTUTIK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yuliastutik, Wenni. 2021. Upaya Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui pembiasaan Membaca Asma Al-Husna dan Shalat Berjamaah di SMP Ma’arif 9 Grogol Sawoo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I.

Kata Kunci: Nilai-Nilai Religius, Pembentukan Karakter, Kegiatan pembiasaan
Karakter religius merupakan Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Kita sering membaca dalam sejarah bahwa suatu bangsa menjadi kokoh apabila ditopang dengan akhlak atau karakter yang baik, dan sebaliknya suatu bangsa akan runtuh ketika ditopang dengan akhlak atau karakter yang rusak.
Berdasarkan uraian diatas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan rumusan masalah: (1) Nilai-nilai religius apa saja yang dibentuk melalui pembiasaan membaca asma al-husna di SMP Ma’aStudi Kasus SMAN 1 Malangrif 9 Grogol Sawoo Ponorogo? (2) Bagaimana strategi dalam pembentukan karakter religius siswa di SMP Ma’arif 9 Grogol Sawoo Ponorogo? (3) Bagaimana hasil pembentukan karakter religius siswa melalui pembiasaan membaca asma al-husna dan Shalat berjamaah di SMP Ma’arif 9 Grogol Sawoo Ponorogo?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Proses analisa data dilakukan mulai dari pengumpulan data, pemilihan, dan pengecekan keabsahan data. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan metode triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Nilai-nilai yang ditanamkan melalui kegiatan membaca asma al- husna dan shalat berjamaah di SMP Ma’arif 9 Sawoo adalah nilai ibadah, nilai jihad (ruhul jihad), dan nilai akhlak dan kedisiplinan serta nilai keteladanan. 2) Strategi internalisasi nilai-nilai religius di SMP Ma’arif 9 Sawoo adalah pembiasaan, keteladanan, ajakan, pembelajaran PAI di dalam kelas dan perwujudan penciptaan budaya. Sedangkan strategi iinternalisasi nilai-nilai religius siswa melalui pembiasaan membaca asma al-husna dan shalat berjamaah di SMP Ma’arif 9 Sawoo yaitu dengan pembinaan, aturan-atturan dan norma yang sudah dibuat oleh sekolah, ketika proses pembelajaran di kelas, kegiatan rutin dan pembiasaan, kegiatan bakti sosial dan penciptaan suasana religius di sekolah. 3)Implikasi internalisasi nilai-nilai religius siswa terhadap perilaku sehari-hari siswa melalui kegiatan membaca asma al-husna dan shalat berjamaah di SMP Ma’arif 9 Sawoo adalah membangkitkan motivasi, meningkatkan ketakwaan dan tanggung jawab. Sedangkan implikasi internalisasi nilai-nilai religius siswa terhadap perilaku sehari-hari siswa adalah meningkatkan ketakwaan dan tanggung jawab, peningkatan karakter kedisiplinan, sikap saling menyayangi dan menghormati, jujur dan tawadhu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2021 06:38
Last Modified: 10 Jun 2021 06:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15650

Actions (login required)

View Item View Item