Materi Tajwid Dalam Kitab Syifaul Jinan Dan Relevansinya Dengan Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah

Khasanah, Uswatun (2021) Materi Tajwid Dalam Kitab Syifaul Jinan Dan Relevansinya Dengan Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PROSES AKHIR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Khasanah, Uswatun. 2021. Materi Tajwid dalam Kitab Syifaul Jinan dan Relevansinya dengan Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasyah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri (IAIN) ponorogo. Pembimbing Dr . H. Moh Miftachul Choiri, M. A.
Kata kunci : Konsep Ilmu Tajwid, Kitab Syifaul Jinan, Al Qur’an Hadits
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ilmu tajwid yang digunakan untuk memperbaiki bacaan ketika kita membaca Al Qu’an. Tujuan dari mempelajari ilmu tajwid adalah memelihara bacaan Al Qur’an dari perubahan dan kekeliruan ketika membaca Al Qu’an. Salah satu kitab yang menerangkan ilmu tajwid adalah syifaul jinan karya Ahmad Muthohir Ibn Abdurrohman. Di tingkat Madrasyah Ibtidaiyah di ajarkan ilmu tajwid yang di ajarkan pada pelajaran Al Qur’an Hadits.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui deskripsi maaateri tajwid dalam kitab syifaul jinan, (2) mengetahui relevansi materi tajwid dalam kitab syifaul jinan karya Ahmad Muthohir Ibn Abdurrohman dengan mata pelajaran Al Qur’an Hadits kelas IV Madrasah Ibtidaiya.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitan perpustakaan (library research). Sumber data yang digunakan adalah data primer berupa kitab syifaul jinan dan materi al qur’an hadits kelas IV. Adapun data sekunder data yang berkaitan dengan masalah yang dikaji. Teknik pengumpulan data dengan cara editing, organizing, dan penemuan hasil penelitian. Teknik analisis data dengan teknik analisis isi (content analisys).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi tajwid dalam kitab syifaul jinan karya Ahmad Muthohir Ibn Abdurrohman terdiri dari 9 bab di dalamnya. Diantaranya 9 bab sebagai berikut: muqodimah, hukum nun sukun dan tanwin, hukum ghunnah dan mim sukun, idghom, hukum al ta’rif, hukum tafkhim dan qolqolah, huruf mad dan penutup. Relevensi kitab syifaul jinan karya Ahmad Muthohir Ibn Abdurrohman dengan materi Al Qur’an Hadits kelas IV Madrasyah Ibtidaiyah terdapat pada bab hukum nun sukun dan tanwin. Penelitian ini diharapkan penelitian ini dapat mengetahui, dan memahami ilmu tajwid. Mengajarkan ilmu tajwid kepada anak sebaiknya dimulai sejak dini. Karena hukum membaca Al Qur’an sesuai dengan tajwid adalah fardu ‘ain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2021 06:38
Last Modified: 10 Jun 2021 06:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15649

Actions (login required)

View Item View Item