..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSEUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM SERIAL KARTUN NUSSA SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL BAGI SISWA TINGKAT DASAR

Mufidah Islina Rosa, Chusnun (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSEUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM SERIAL KARTUN NUSSA SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL BAGI SISWA TINGKAT DASAR. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Chusnun Mufidah 210617043.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rosa, Chusnun Mufidah Islina. 2021. Nilai-Nilai Toleransi dalam Serial Kartun Nussa Serta Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Peduli Sosial Bagi Siswa Tingkat Dasar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Siti Zazak Soraya, M. Ed.
Kata Kunci: Nilai Toleransi, Pendidikan Karakter Peduli Sosial, Serial kartun Nussa, Siswa Tingkat Dasar.
Nilai perlu ditanamkan sejak dini agar anak memiliki sifat tidak egois dan bisa menghargai perbedaan. Penting bagi anak untuk memiliki sikap menghargai perbedaan yang dikenal sengan istilah toleransi. Penanaman nilai toleransi sejak dini dapat diinternalisasikan melalui pendidikan. Pendidikan tidak mengenal ruang dan waktu, artinya pada prosesnya dilakukan tanpa syarat, tidak dibatasi oleh tebalnya tembok sekolah dan juga sempitnya waktu belajar di kelas. Kementrian Pendidikan Nasional telah merumuskan 18 nilai karakter yang akan ditanamkan dalam diri anak guna upaya membangun karakter bangsa. Di antara 18 nilai karakter tersebut terdapat karakter peduli sosial, kepedulian sosial merupakan sikap memperlakukan orang lain dengan penuh kebaikan dan kedermawanan, peka terhadap persaan orang lain, siap membantu orang yang membutuhkan pertolongan. Selanjutnya untuk menanamkan karakter peduli sosial, salah satunya melalui tontonan yang edukatif, selain memberikan informasi tentang nilai, tontonan yang edukatif dapat menumbuhkan karakter peduli sosial. Tontonan yang mengandung nilai edukatif tersebut adalah serial kartun Nussa diproduksi oleh The Little Giantz dan 4 Stripe Production. Pada alur cerita serial kartun Nussa juga sangat mudah untuk dipahami, animasi yang disuguhkan menarik, suara dari setiap tokoh menghibur, serial kartun Nussa merupakan produksi asli Indonesia.
Berangkat dari maslah di atas, penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan nilai-nilai toleransi dalam serial kartun Nussa. (2) mendeskripsikan nilai-nilai toleransi dalam serial kartun Nussa serta relevansinya dengan pendidikan karakter peduli sosial bagi siswa tingkat dasar.
Penelitian ini dirancang mengunakan penelitian kepustakaan untuk memperoleh data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis, gambar, maupun elektronik. Selanjutnya dianalisis mengunakan analisis isi yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis isi atau kandungan dari sebuah teks.
Berdasarkan Analisa data ditemukan bahwa: (1) dalam serial animasi Nussa episode Toleransi, Tetanggaku Hebat, Senyum Itu Sedekah, Alhamdulillah Terkabul, dan Belajar Jualan terdapat beberapa nilai Toleransi yaitu toleransi agama, toleransi sosial, dan toleransi budaya. (2) relevansi nilai toleransi pada serial kartun Nussa dengan pendidikan karakter peduli sosial bagi siswa tingkat dasar yang ditemukan dalam penelitian ini meliputi nilai toleransi agama, sosial, dan budaya yang terdapat dalam episode Toleransi, Tetanggaku Hebat, Senyum Itu Sedekah, Alhamdulillah terkabul, dan Belajar Jualan. Dari episode tersebut dapat memberikan informasi serta menumbuhkan karakter peduli sosial bagi siswa tingkat dasar, menjadikan serial kartun Nussa sebagai media untuk menumbuhkan karakter peduli sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Pembimbing Siti Zazak Soraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2021 03:24
Last Modified: 10 Jun 2021 03:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15646

Actions (login required)

View Item View Item