Penerapan Strategi Pembelajaran Information Search pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Sistem Daring Kelas III MI Plus Miftahul Ulum Morang Kare Madiun Tahun Ajaran 2020/2021.

Khotimah, Khusnul (2021) Penerapan Strategi Pembelajaran Information Search pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Sistem Daring Kelas III MI Plus Miftahul Ulum Morang Kare Madiun Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210614071 KHUSNUL KHOTIMAH PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya pandemi covid 19 yang mengharuskan siswa dan guru melakukan pembelajaran daring. Setiap guru harus beradaptasi dengan kebijakan ini dengan melakukan berbagai macam strategi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi saat ini. Salah satu strategi pembelajaran yang dipilih adalah strategi Information Search. Strategi ini memberi kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dan mudah dalam mencari informasi, baik dari buku, Koran, suratkabar, buku pegangan, internet, dan lain sebagainya. Penelitian ini berlokasi di MI Plus Miftahul Ulum Morang Kare Madiun.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran Information Search pada mata peljaran Akidah Akhlak dengan sistem daring kelas III MI Plus Miftahul Ulum Morang Kare Madiun Tahun Ajaran 2020/2021. 2. Untuk mengetahui bagaimana evaluasi yang dilakukan terhadap nilai harian strategi Information Search pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan sistem daring pada kelas III MI plus Miftahul Ulum Morang Kare Madiun Tahun Ajaran 2020/2021. Untuk itu peneliti melakukan penelitian di MI Plus Miftahul Ulum sebagai salah satu lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman dengan langkah; reduksi data, display dan kesimpulan.
Dari penelitian di atas ditemukan bahwa (1) Langkah-langkah Penerapan strategi Information Search pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Plus Miftahul Ulum Morang Kare Madiun dapat terlaksana dengabaik. Penerapan strategi Information Search dilaksanakan sesuai dengan teori dengan dilaksanakan dalam bentuk praktek di rumah masing-masing karena terkendala pandemic covid -19, sehingga pembelajaran tatap muka diganti dengan pembelajaran daring. Penerapan strategi ini membuat siswa lebih mudah untuk mengerti dan memahami pembelajaran yang telah diberikan walaupun dalam kondisi sistem daring. Adapun evaluasi dari strategi pembelajaran Information Search adalah keberhasilah strategi ini diterapkan dalam proses pembelajaran dengan kekurangan dan kelebihan strategi ini diantara kelebihannya adalalah: siswa lebih terbuka, berpikir kreatif, siswa berkesempatan bebas untuk mencari informasi, lebih bermakna untuk peserta didik.. Sedangkan dibalik kelebihan pasti ada kekurangannya diantaranya: ditujukan pada pembelajaran dengan cakupan materi yang luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2021 03:23
Last Modified: 10 Jun 2021 03:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15642

Actions (login required)

View Item View Item