Pesan Edukasi Dalam Konten Battle Di Kanal YouTube Nihongo Mantappu (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Lestari, Tiya (2021) Pesan Edukasi Dalam Konten Battle Di Kanal YouTube Nihongo Mantappu (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TIYA E-THESES FIX.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Lestari, Tiya. 2021. Pesan Edukasi Dalam Konten Battle Di Kanal YouTube Nihongo Mantappu (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Iswahyudi, M.ag.

Kata Kunci: Pesan Edukasi, Nilai Edukasi, YouTube, Semiotika.
YouTube menjadi salah satu media yang banyak diminati masyarakat. Segala bentuk pesan yang disampaikan di YouTube cenderung mudah dicerna dan diterima oleh penonton tanpa mempertimbangkan dampak baik maupun buruk. Belakangan bermunculan tren penggunaan kata kasar atau makian, serta tren gaya hidup budaya barat yang dilakukan anak-anak muda akibat meniru konten creator di YouTube. YouTube sebagai media selain memberi hiburan dan informasi haruslah memuat edukasi di dalamnya. Kanal YouTube Nihongo Mantappu merupakan salah satu kanal yang konten-kontennya berisi pesan yang mendidik, salah satunya melalui konten battle. Battle identik dengan perlawanan, namun di kanal ini battle dikemas dengan menarik dan dimuati pesan-pesan edukasi.
Dari paparan tersebut dirumuskan masalah sebagai berikut: pertama, bagaimana sign dalam pesan edukasi pada konten battle di kanal YouTube Nihongo Mantappu. Kedua, bagaimana object dalam pesan edukasi pada konten battle di kanal YouTube Nihongo Mantappu. Ketiga, bagaimana interpretasi pesan-pesan edukasi yang terkandung dalam konten battle di kanal YouTube Nihongo Mantappu.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan menjelaskan secara spesifik sign, object, dan pesan edukasi yang terkandung dalam konten battle di kanal YouTube Nihongo Mantappu dengan mengidentifikasi nilai-nilai edukasi didalamnya dengan menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil berikut: pertama, sign dalam pesan edukasi berupa ikon (gambar dan lambang), dan simbol (monolog, dialog, sikap, backsound, dan gerakan). Kedua, object dalam pesan edukasi berupa budaya Batik, Bahasa Jawa, Bahasa Indonesia, lagu kebangsaan Indonesia Raya, bendera merah putih, sikap berani, sikap percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, belajar dan sungguh-sungguh. Ketiga, interpretasi pesan edukasi dalam konten battle di kanal YouTube Nihongo Mantappu ialah muatan nilai-nilai pendidikan berupa nilai budaya, nilai moral, dan nilai sosial. Pesan nilai budaya meliputi sikap cinta dan bangga pada budaya dan negara Indonesia. Nilai moral meliputi sikap apresiasi, tanggungjawab, berusaha, percaya diri, berani, belajar dan sungguh-sungguh. Nilai sosial meliputi sikap kerjasama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2021 02:32
Last Modified: 10 Jun 2021 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15640

Actions (login required)

View Item View Item