ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL CERITA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO (STRUCTURED OF OBSERVED LEARNING OUTCOME) DI KELAS V SDN KUTUWETAN JETIS PONOROGO

Widiasari, Fitria (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL CERITA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO (STRUCTURED OF OBSERVED LEARNING OUTCOME) DI KELAS V SDN KUTUWETAN JETIS PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210617196 FITRIA WIDIASARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Widiasari, Fitria. 2021. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Soal Cerita Berdasarkan Taksonomi Solo (Structured of Observed Learning Outcome) Di Kelas V SDN Kutuwetan Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kurnia Hidayati, M.Pd.

Kata Kunci : Pemecahan Masalah, Matematika, Taksonomi SOLO

Pentingnya kemampuan pemecahan masalah dalam proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN Kutuwetan ditinjau berdasarkan taksonomi SOLO. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Hubermen yaitu (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) penarikan simpulan. Subjek penelitian ini berjumlah empat orang siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling yang dikategorikan dalam tingkatan menurut taksonomi SOLO yaitu prestructural, unistructural, multistructural, relational, extended abstract. Namun pada penelitian ini subjek hanya mampu mencapai tingkatan relational. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek A dengan level prestructural menunjukkan hanya mampu pada tahap memahami masalah dengan menggunakan sedikit informasi. Subjek B dengan level unistructural mampu memahami masalah dan merencanakan penyelesaian. Subjek C dengan level multistructural mampu memahami masalah, merencanakan masalah, serta mampu melaksanakan rencana tetapi masih terdapat kegagalan. Subjek D dengan level relational mampu memahami masalah, merencanakan masalah, serta mampu melaksanakan rencana dengan benar namun pada proses evaluasi subjek tidak melaksanakan sehingga mengalami kesalahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2021 02:31
Last Modified: 10 Jun 2021 02:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15639

Actions (login required)

View Item View Item