..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Peningkatan Kemampuan Membaca dan Memahami Isi teks Pendek dengan Menggunakan Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review pada Siswa Kelas II di SDN I Dadapan Kabupaten Nganjuk

Rohmah, Unzilatur (2021) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Peningkatan Kemampuan Membaca dan Memahami Isi teks Pendek dengan Menggunakan Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review pada Siswa Kelas II di SDN I Dadapan Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UNZILATUR ROHMAH 210617143 PGMI.pdf

Download (931kB) | Preview

Abstract

Rohmah, Unzilatur. 2021. Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Memahami Isi Teks Pendek Dengan Menggunkan Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Pada Siswa Kelas II SDN I Dadapan Nganjuk. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. H. Evi Muafiah, M. Ag.,
Kata Kunci: Peningkatan Membaca, Teks Pendek, Strategi PQ4R
Sebagaimana kita ketahui perintah untuk membaca merupakan wahyu pertama yang diturunkan Allah SWT kepada nabi Muhammad saw yang terdapat pada surah Al-alaq 1-5 yaitu perintah untuk membaca. Menurut beberapa sumber tafsir, surah al-alaq ini mengandung hikmah dimana Allah swt meminta rasulallah saw beserta umatnya untuk membaca. Salah satu pembelajaran membaca adalah mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu memahami isi teks pendek. Teks pendek adalah sebuah teks singkat yang terdiri dari 10-15 kalimat dan membutuhkan waktu 3-5 menit untuk membacanya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca dan memahami isi teks pendek kelas II. Dan salah satu cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah diatas adalah dengan menggunakan strategi preview, question, read, reflect, recite, review (pq4r) yaitu strategi yang dicetuskan oleh Thomas Robinsson, yang di gunakan untuk memahami dan mengingatkan materi yang mereka baca.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam membaca isi teks pendek 10 kalimat dengan menggunakan strategi PQ4R di kelas 2, (2) mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam memahami isi teks pendek 10 kalimat dengan menggunakan strategi PQ4R di kelas 2, (3) mengetahui peningkatan kemampuan membaca dan memahami isi teks pendek 10-15 kalimat dengan menggunakan strategi PQ4R pada siswa kelas 2.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini dilakukan pada siswa kelas II di SDN I Dadapan Nganjuk, Metode penelitian yang digunakan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini terdiri dari beberapa siklus yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.
Hasil penelitian yang diperoleh sabagai berikut: siklus pra tindakan dengan rerata 73% dengan rincian Membaca dengan lancar 86%, Memahami soal dengan tepat 72%, dan dapat Menggunakan strategi PQ4R 64%. Pada siklus I dengan rerata 86% dengan rincian dapat Membaca dengan lancar 90%, Memahami soal dengan tepat 90%, dan dapat Menggunakan strategi PQ4R 77%. Pada siklus II dengan rerata 95% dengan rincian dapat Membaca dengan lancar 100%, Memahami soal dengan tepat dan benar 95%, dan mampu menggunakan strategi PQ4R dengan tepat 91%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2021 02:31
Last Modified: 10 Jun 2021 02:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15637

Actions (login required)

View Item View Item