ETIKA BELAJAR MURID PERSPEKTIF SUNAN BONANG (KAJIAN PUSTAKA SERAT SULUK WUJIL)

Apdareyna, Pratiwi (2021) ETIKA BELAJAR MURID PERSPEKTIF SUNAN BONANG (KAJIAN PUSTAKA SERAT SULUK WUJIL). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210316434 Apdareyna Pratiwi .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Etika Belajar, Murid, Sunan Bonang.
Pendidikan merupakan salah satu sarana dalam pembentukan jati diri seorang murid. Berdasarkan permasalahan saat ini dalam dunia pendidikan menjadikan kualitasnya menurun, terutama mengenai etika belajar murid. Misalnya, seorang murid yang saat ini banyak yang kurang memiliki fokus belajar karena lebh tertarik dengan game online. Selain itu juga kebanyakan murid tidak menghormati gurunya karena merasa lebih pintar dari gurunya, terlebih di bidang teknologi. Oleh karena itu diperlukan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui Suluk Wujil karya Sunan Bonang. Karena di dalamnya mengandung ajaran mengenai etika belajar murid.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui etika belajar murid perspektif Sunan Bonang dalam Suluk Wujil. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui kontribusi etika belajar murid perspektif Sunan Bonang dalam Suluk Wujil terhadap pendidikan akhlak. Sehingga diharapkan mampu mengtasi permasalahan etika belajar murid dalam pendidikan saat ini
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) yang mengkaji etika belajar murid perspektif Sunan Bonang, teknik pengumpulan datanya menggunakan cara editing, organizing, dan temuan hasil penelitian. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan study text dan metode deskriptif analisis. Teknik analisa data disini adalah analisis isi (content analysis), yakni suatu metode yang menggunakan

teknik sistematik untuk menganalisis isi pesan dan pengelolaan pesan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan hasilnya berikut ini: (1) Etika belajar murid perspektif Sunan Bonang, yang meliputi: a. mengutamakan kebersihan dan kesucian hati, b. memiliki niat yang kuat dan tujuan, c. menghormaati guru, d. tidak memiliki sifat sombong, e. tidak mudah tertipu nikmat duniawi, f. tidak gegabah. (2) Kontribusi Etika belajar murid perspektif Sunan Bonang terhadap pendidikan akhlak di era milenial terdapat pada manfaat pendidikan akhlak itu sendiri, yaitu dapat diterima dengan baik dimasyarakat, senantiasa mendapat pertolongan, serta dijauhjkan dari murka Allah karena seorang murid mampu melaksanakan etika belajarnya dengan baik dan benar sesuai aturan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2021 02:29
Last Modified: 10 Jun 2021 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15632

Actions (login required)

View Item View Item