..(LEMBAR KEASLIAN TULISAN BLM ADA, DAFTAR PUSTAKA BLM ADA, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi Kualitatif Deskriptif di Taman Kanak-kanak Islam Arrisalah Gundik Slahung Ponorogo tahun 2019-2020)

NI'MAH, KHOLISHOTUN (2021) ..(LEMBAR KEASLIAN TULISAN BLM ADA, DAFTAR PUSTAKA BLM ADA, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi Kualitatif Deskriptif di Taman Kanak-kanak Islam Arrisalah Gundik Slahung Ponorogo tahun 2019-2020). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_211215037_KHOLISHOTUN NI'MAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
NI’MAH, KHOLISHOTUN .2021. Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kualitatif Deskriptif di Taman Kanak-kanak Islam Arrisalah Gundik Slahung Ponorogo 2019-2020). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (Iain) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Ahmadi, M.Ag.
Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, PAUD
Pendidikan pada Taman Kanak-kanak merupakan bagian dari pendidikan pra sekolah yang pembelajarannya lebih menekankan pada perkembangan anak. Pendidikan anak pada usia ini sangat diperhatiakan karena masa ini merupakan usia emas (golden age). Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan anak usia dini perlu adanya manajemen kurikulum yang baik. Karena kurikulum merupakan salah satu alat untuk mencapai tujuan pembelajaran dan pedoman pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
Penelitian memfokuskan pada dua aspek yaitu: (1) Bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di TKIA Gundik Slahung Ponorogo? (2) Apa masalah yang dihadapi dalam Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di TKIA Gundik Slahung Ponorogo?
Pada penelitian ini penulis menggunakan rancangan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan manajemen kurikulum di TK Islam Arrisalah Gundik, Slahung, Ponorogo. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Perolehan data dilakukan dengan menggali sumber data yaitu dari kepala TK Islam Arrisalah dan guru-guru, peneliti juga melaksanakan pengamatan langsung terhadap proses pembelajaran. Adapun objek penelitian ini adalah manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini di TK Islam Arrisalah meliputi, Perencanaan (planning) manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini di TK Islam Arrisalah Gundik dilakukan rapat mingguan yang membahas kegiatan terkait dengan pengembangan peserta didik. Sehingga rencana pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Pelaksanaan (actuating) pelaksanaan kurikulum TK Islam Arrisalah mengorganisasikan kelas dan penggunaan sarana belajar mengajar. Adapun pengembangan pendidikan agama Islam di TK Islam Arrisalah melalui pembinaan akhlak dan akidah yang terintegrasi dalam semua kegiatan pembelajaran baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sekolah. Evaluasi (Evaluating) evaluasi yang dilakukan dalam manajemen kurikulum TK Islam Arrisalah, melalui aktifitas yang dilakukan oleh peserta didik dari awal kegiatan hingga akhir kegiatan. Sedangkan evaluasi kurikulum dilakukan oleh kepala sekolah dengan metode observasi yang diadakan setiap semester.
Problematika dalam Manajemen Kurikulum di TK Islam Arrisalah yakni, Perencanaan (planning) tidak semua guru tertib membuat rencana harian yang harus didokumentasikan sesuai dengan waktu yaitu sebelum proses belajar mengajar, terdapat juga guru yang menulis rencana harian setelah proses belajar mengajar. Serta terdapat guru yang tidak menuliskan RKH pada buku yang telah disediakan. Pelaksanaan (actuating) di TK Islam Arrisalah tidak terdapat pengorganisasian atau bagian waka kurikulum sehingga tanggung jawab terkait kurikulum langsung pada kepala sekolah. Evaluasi (evaluating) peneliti menemukan evaluasi yang dilakukan masih banyak yang menilai pada hasil karya, penugasan, dan anekdot saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. Ahmadi, M.Ag
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2021 02:27
Last Modified: 10 Jun 2021 02:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15631

Actions (login required)

View Item View Item