MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA PROGRAM KETERAMPILAN MULTIMEDIA DAN DESAIN GRAFIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PONOROGO

Alafi, Mohammad Arfin Faishal (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA PROGRAM KETERAMPILAN MULTIMEDIA DAN DESAIN GRAFIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 211216023 MOHAMMAD ARFIN .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ARFIN FAISHAL ALAFI, MOHAMMAD. 2020. MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA PROGRAM KETERAMPILAN MULTIMEDIA DAN DESAIN GRAFIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PONOROGO. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Muhammad Thoyib, M.Pd.
Kata Kunci :Manajemen Pembelajaran, Program Keterampilan Multimedia dan Desain Grafis
Seiring masuknya revolusi 4.0 kualitas tenaga kerja harus semakin ditingkatkan. Dengan jumlah penduduk angkatan kerja terbanyak ke-4 di dunia dan akan mengalami bonus demografi di tahun 2030, Indonesia berkesempatan untuk membangun kesejahteraan yang lebih baik. Pendidikan merupakan salah satu instrumen yang strategis dan sistematis dalam upaya meningkatkan mutu dan daya saing bangsa. Salah satu prioritas pembangunan nasional bidang pendidikan adalah adanya relevansi pendidikan dengan kebutuhan keterampilan di dunia kerja.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran program keterampilan multimedian dan desain grafis di MAN 1 Ponorogo ? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran program keterampilan multimedian dan desain grafis di MAN 1 Ponorogo ? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran program keterampilan multimedia dan desain grafis di MAN 1 Ponorogo ?.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitataif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data, penulis menggunakan data Reduction (reduksi data), data Display (penyajian data), dan data ConclusionDrawing/ verification (kesimpulan). Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan sumber.
Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencanaan pembelajaran pada program keterampilan multimedia dan desain grafis yang dilakukan oleh MAN 1 Ponorogo dengan membentuk tim khusus pengelola program keterampilan. Dalam proses perencanaan ini tim pengelola program keterampilan membuat silabus, rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP), program tahunan (prota), dan program semester (promes) yang semuanya mengacu pada KMA nomor 184 tahun 2019 (2) Pelaksanaan pembelajaran pada program keterampilan ini, ada dua macam pembelajaran yakni teori dan praktek. Pelaksanaan pembelajaran ini dilaksanakan oleh tim pengelola program keterampilan yang telah dibentuk oleh sekolah dan pada ujung tombaknya dilakukan oleh para guru atau tenaga pendidik yang telah ahli dan guru yang mengikuti program upgrading. Pembelajaran yang dilakukan di kelas dilaksanakan sesuai dengan standar MA Plus Keterampilan dengan mengacu kepada KMA nomor 184 tahun 2019. Pada pembelajaran multimedia dan desain grafis guru lebih banyak praktek dibandingkan teori. (3) Evaluasi pembelajaran pada program keterampilan multimedia dan desain grafis ada dua macam, yaitu evaluasi teoritis dan praktek. Evaluasi pemahaman teoritis peserta didik dilaksanakan dilakukan oleh guru pengampu mata pelajaran multimedia dan desain grafis di setiap akhir bab materi pembelajaran. Sedangkan evaluasi praktek dilakukan oleh guru pengampu program keterampilan multimedia dan desain grafis pada setiap akhir materi pembelajaran multimedia dan desain grafis. Selanjutnya dari evaluasi tersebut ditindak lanjuti oleh guru pengampu mata pelajaran tersebut sesuai dengan kendala atau permasalahan yang muncul. Pada umumnya adalah masalah kurangnya waktu pembelajaran maka diambil solusi, dengan menyederhanakan mata pelajaran yang dianggap kurang efektif karena sulit dan jarang penerapannya di dunia lapangan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MOHAMMAD THOYIB
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2021 02:05
Last Modified: 10 Jun 2021 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15621

Actions (login required)

View Item View Item