Analisis Materi Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Kelas 1 Madrasah Tsanawiyah Dengan Pendekatan Strategi Time line

Amrulloh, Ahmad Syukur (2021) Analisis Materi Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Kelas 1 Madrasah Tsanawiyah Dengan Pendekatan Strategi Time line. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210316223_Ahmad Syukur Amrulloh _PAI.pdf

Download (869kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ahmad,Syukur Amrulloh.2021. Analisis Materi Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada kelas 1 Madrasah Tsanawiyah Dengan Pendekatan Strategi Time Line. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Drs. Waris, M.Pd,

Kata Kunci: Materi Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, kelas 1 Madrasah Tsanawiyah, Pendekatan Strategi Time Line

Sejarah kebudayaan islam merupakan mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/peradaban pada di masa lampau mulai dari dakwah nabi muhammad saw pada periode mekah dan madinah, kepemimpinan umat setelah rasululloh saw. Wafat sampai perkembangan islam periode klasik, abad pertengahan/zaman kemunduran, dan masa modern/masa kebangkitan serta perkembangan islam di indonesia dan dunia. Pembelajaran sejarah (termasuk SKI) dianggap tidak lebih dari rangkaian angka tahun dan urutan peristiwa yang harus diingat kemudian diungkapkan kembali pada saat menjawab soal ujian. Sejarah hanya disampaikan dengan ceramah, padahal materi sejarah Islam sudah diperoleh siswa sejak jenjang pendidikan tingkat Sekolah dasar dan dari berbagai informasi. Melihat berbagai masalah yang muncul terkait dengan tuntutan dunia pendidikan, kesulitan siswa dalam belajar dan cakupan sejarah kebudayaan Islam yang luas, maka guru harus dapat memberikan tawaran untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI).
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskiripsikan Konsep Pelajaran Sejarah Peradaban Islam Pada kelas 1 Madrasah Tsanawiyah, (2) mendeskiripsikan upaya Konsep Materi Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Kelas 1 Madrasah Tsanawiyah ditinjau dengan strategi Time Line?.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian library research (Penelitian kepustakaan). Studi pustaka atau kepustakaan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan Penelitian.
Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa: (1)Konsep Materi Pelajaran Sejarah Peradaban Islam Pada kelas 1 Madrasah Tsanawiyah adalah Pelajaran Sejarah Peradaban Islam yang memuat beberapa bab yaitu Bab 1, tentang keadaan masyarakat mekkah hingga pola dakwah Rasulullah saw Bab 3, tentang kondisi masyarakat madinah sebelum hijrah responnya terhadap dakwah Rasulullah saw Bab 4, tentang Khulafaurrasyidin Bab keempat membahas tentang kekhalifahan Bani Umayyah dan terakhir Bab 5, tentang pengembangan kebudayaan Islam, (2)Konsep Materi Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Kelas 1 Madrasah Tsanawiyah ditinjau dengan strategi Time line adalah materi pembelajaran Ski di kelas 1 MTs yang menggunakan strategi Time line dalam menyusun materi, dengan metode, atau media dalam mendukung pembelajaran Ski.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2021 06:13
Last Modified: 09 Jun 2021 06:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15607

Actions (login required)

View Item View Item