integrasi pendidikan diniyah melalui kurikulum muatan lokal di smk nurudh dholam desa sidomulya kecamatan kebonagung kabupaten pacitan

Cahyono, Frendi (2021) integrasi pendidikan diniyah melalui kurikulum muatan lokal di smk nurudh dholam desa sidomulya kecamatan kebonagung kabupaten pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
FRENDI CAHYONO 210316301.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Cahyono, Frendi. 2021. INTEGRASI PENDIDIKAN DINIYAH MELALUI KURIKULUM MUATAN LOKAL DI SMK NURUDH DHOLAM DESA SIMOMULYA KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. AB. Musyafa’ Fathoni, M.Pd.I

Kata Kunci: Diniyah, Muatan Lokal, Kurikulum.

Perkembangan zaman yang cepat dan dinamis, menyebabkan kebutuhan akan pentingnya peningkatan keagamaan pada anak-anak generasi muda maka dianggap perlu oleh pihak SMK Nurudh Dholam untuk membekali siwa dan siswinya dengan pemahaman agama yang mendalam dengan cara diadakannya integrasi pendidikan diniyah dalam kurikulum muatan lokal. Integrasi pendidikan diniyah dalam kurikulum muatan lokal merupakan salah satu metode pembelajaran tambahan kitab di SMK Nurudh Dholam, yaitu seorang guru membacakan kitab, lalu menjelaskannya dan memberikan contoh, sedangkan siswa mencatat materi yang mereka terima dari guru pada buku catatan mereka masing-masing. Salah satu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan integrasi pendidikan diniyah dalam kurikulum muatan lokal adalah SMK Nurudh Dholam, Desa Sidomulya, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan latar belakang SMK Nurudh Dholam melakukan integrasi pendidikan diniyah dalam kurikulum muatan lokal, (2) Untuk mendeskripsikan bentuk integrasi pendidikan diniyah dalam kurikulum muatan lokal. (3) Untuk mendeskripsikan dampak integrasi pendidikan diniyah dalam kurikulum muatan lokal terhadap peningkatan keagamaan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, adapun jenis penelitiannya studi kasus. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Nurudh Dholam Desa Sidomulya Kecamatan Kebonagung. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik interview (wawancara), observasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Latar belakang SMK Nurudh Dholam melakukan integrasi pendidikan diniyah dalam kurikulum muatan lokal yaitu untuk menumbuhkan dan mengembangkan pengetahuan dan kompetensi siswa agar sesuai dengan lingkungan pondok pesantren yang bernuansa islami karena SMK Nurudh Dholam berada dibawah naungan pondok pesantren. (2) Bentuk integrasi pendidikan diniyah dalam kurikulum muatan lokal di SMK Nurudh Dholam yaitu dengan diawali dengan proses perencanaan pengadaan kurikulum, kurikulum yang menekankan pada pendidikan keagamaan. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan diniyah dalam muatan lokal dimulai pada pagi hari, sebelum memulai pembelajaran seperti pada biasanya. (3) Dampak integrasi kurikulum muatan lokal dengan pendidikan diniah terhadap peningkatan keagamaan siswa SMK Nurudh Dholam adalah siswa yang sebelumnya minim pengetahuannya rentang agaa serta prakteknya dalam kehidupan sehari-hari mulai nampak lebih baik. Meningkatnya pengetahuan serta ketrampilan dalam melaksanakan praktik-praktik peribadatan baik ibadah mahdha maupun ghairu mahdhah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ab Musyafa Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2021 06:05
Last Modified: 09 Jun 2021 06:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15602

Actions (login required)

View Item View Item