..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PERBAIKI WATERMARK TERLALU TEBAL, DAN LEMBAR BERTTD SCAN DENGAN JELAS TIDAK BLUR, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Kegiatan Kepramukaan dan Komunikasi Siswa Terhadap Karakter Siswa Kelas X di MAN 1 Magetan

Sholihah, Almaratush (2021) ..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PERBAIKI WATERMARK TERLALU TEBAL, DAN LEMBAR BERTTD SCAN DENGAN JELAS TIDAK BLUR, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Kegiatan Kepramukaan dan Komunikasi Siswa Terhadap Karakter Siswa Kelas X di MAN 1 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210314043_almaratush sholihah_PAI.pdf

Download (704kB) | Preview

Abstract

Sholihah, Almaratush. 2021. Pengaruh Kegiatan Kepramukaan dan Komunikasi Siswa Terhadap Karakter Siswa di MAN 1 Magetan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata Kunci: Kegiatan Kepramukaan, Komunikasi dan Karakter
Karakter adalah sesuatu yang terdapat pada individu yang menjadi ciri khas kepribadian individu yang berbeda dengan orang lain berupa sikap, pikiran, dan tindakan. Ciri khas tiap individu tersebut berguna untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Gerakan pramuka merupakan gerakan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, seperti gotong-royong, tolong menolong, kepatuhan dalam melaksanakan perintah serta rasa tanggung jawab terhadap sesama manusia dan alam sekitarnya. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian, dan lain-lain. Melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka, dan lain-lain.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui adakah pengaruh kegiatan kepramuka terhadap karakter siswa kelas X di MAN I Magetan. 2) untuk mengetahui adakah pengaruh komunikasi terhadap karakter siswa kelas X di MAN I Magetan. 3) untuk mengetahui adakah pengaruh kegiatan kepramuka dan komunikasiterhadap karakter siswa di MAN I Magetan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini berpopulasi 144 siswa dan dari perhitungan di dapat 106 siswa untuk dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan rumusan masalah 1 dan 2 analisis data regresi linier sederhana dan untuk rumusan masalah 3 regresi linier berganda
Berdasarkan penelitian diperoleh hasil sebagai berikut 1) Kegiatan kepramukaan berpengaruh terhadap karakter siswa di MAN 1 Magetan sebanyak 60,9%. 2) Komunikasi siswa berpengaruh secara terhadap karakter siswa di MAN 1 Magetan sebanyak 15,8%. 3) Kegiatan kepramukaan dan komunikasi siswa berpengaruh terhadap karakter siswa di MAN 1 Magetan sebanyak 68,2% dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2021 02:09
Last Modified: 09 Jun 2021 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15601

Actions (login required)

View Item View Item