Laili, Farisa Zulfatul (2021) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Praktik Langsung pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia bagi Murid Kelas V di MI Miftahul Huda krebet Jambon Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
210617104_FARISA ZULFATUL LAILI_PGMI.pdf Download (902kB) | Preview |
Abstract
Laili, Farisa Zulfatul 2021. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Praktik Langsung Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Bagi Murid Kelas V di MI Miftahul Huda Krebet Jambon Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururuan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Faninda Novika Pertiwi, M.Pd.
Kata Kunci: Praktik Langsung , Hasil Belajar IPA
Rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA di MI Miftahul Huda dikarenakan adanya beberapa faktor. Salah satu faktornya yaitu karena penggunaan gadget yang tidak didampingi orang tua dan penggunaan metode pembelajaran yang masih belum inovatif. Hal tersebut membuat murid menjadi sulit memahami materi yang diajarkan sehingga hasil belajar murid masih banyak yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) Yang ditentukan yaitu 65. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat diupayakan dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Berdasarkan hal di atas maka peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan Metode praktik langsung.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan pembelajaran dengan metode praktik langsung dan meningkatkan hasil belajar murid melalui penerapan metode praktik langsung. Penelitian ini dilakukan di MI Miftahul Huda Krebet Jambon Ponorogo pada kelas V dengan jumlah 15 murid.
Data yang dihasilkan pada penelitian ini yaitu data tentang Pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh melalui observasi dan data tentang hasil belajar murid yang diperoleh melalui tes evaluasi. Tes ini dilakukan pada setiap akhir siklus.
Hasil dari penelitian ini mengalami peningkatan. Pada Pelaksanaan pembelajaran dengan metode praktik langsung terlaksana 82,37% pada siklus I pertemuan pertama dan meningkat menjadi 86,67% dipertemuan kedua dan pada siklus II pertemuan pertama juga mengalami peningkatan yaitu sebesar 90% dipertemuan pertama menjadi 97.05% di pertemuan kedua. Hasil penelitian yang lain, yaitu adanya peningkatan Hasil belajar murid yang mengalami pembelajaran dengan metode praktik langsung. Pada kategori Sangat Tinggi pembelajaran siklus I sebesar 53,33% meningkat pada siklus II menjadi 86,67%. Pada kategori tinggi pembelajaran siklus I sebesar 20.00% meningkat pada siklus II menjadi 40.00%. pada kategori Rendah pembelajaran siklus I sebesar 40.00% menurun pada siklus II menjadi 13,33%. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar murid adalah 74,3 dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata hasil belajar murid menjadi 85.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Faninda Novika Pertiwi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 09 Jun 2021 02:08 |
Last Modified: | 09 Jun 2021 02:08 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15598 |
Actions (login required)
View Item |