Upaya Sekolah Dalam Menanamkan Nilai Karakter Peduli Sosial Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MI Muhammadiyah 4 Jetis

Nasruroh, Umi Kholifatun (2021) Upaya Sekolah Dalam Menanamkan Nilai Karakter Peduli Sosial Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MI Muhammadiyah 4 Jetis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
E THESES UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Upaya Sekolah, Nilai Karakter, Peduli Sosial, Menghargai, Membantu.
Perkembangan teknologi yang canggih mempengaruhi seluruh aspek kehidupan, termasuk kepribadian. Perubahan kepribadian tersebut juga terjadi pada usia anak-anak yang telah mengenal gadget, mereka cenderung menjadi individualis. Oleh karena itu, penanaman karakter peduli sosial pada anak sangat penting dilakukan. Indikator peduli sosial yakni menghargai oranglain, bekerja sama, menghormati hak orang lain serta membantu orang lain. Perilaku siswa yang mengabaikan kehadiran guru, tidak menyimak pelajaran dari guru serta kurangnya kesadaran dalam berbagi dan berteman ditemukan di MI Muhammadiyah 4 Jetis pada saat luring masa pandemi Covid-19. Maka, sekolah menjadi lingkungan yang berperan dalam penanaman nilai karakter peduli sosial pada anak pada masa pandemi Covid-19.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) upaya yang dilakukan sekolah dalam menanamkan karakter peduli sosial menghargai orang lain pada masa pandemi Covid-19 di MI Muhammadiyah 4 Jetis 2) upaya yang dilakukan sekolah dalam menanamkan karakter peduli sosial membantu orang lain pada masa pandemi Covid-19 di MI Muhammadiyah 4 Jetis.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis studi kasus. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai karakter peduli sosial menghargai orang lain diupayakan MI Muhammadiyah 4 Jetis melalui 1) internalisasi nilai-nilai melalui nasihat berupa komunikasi edukatif dari guru 2) keteladanan berupa pembuatan dan pelaksanaan tata tertib yang disepakati bersama antara guru, siswa, dan wali murid 3) pembiasaan meliputi pembiasaan penyambutan setiap pagi yang dilakukan guru lalu siswa menghormat kepada guru, pembiasaan antri wudu, dan pembiasaan saling menyimak hafalan. Sedangkan nilai karakter peduli sosial membantu orang lain ditanamkan MI Muhammadiyah melalui 1) pendekatan fungsional dengan pembentukan dan pelaksanaan jadwal piket 2) pendekatan emosional dengan penyusunan materi keutamaan membantu orang lain yang disampaikan guru 3) pendekatan pembiasaan melalui infak setiap hari 4) pendekatan pengalaman dengan pembagian zakat fitrah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ELFI YULIANI ROCHMAH
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2021 02:07
Last Modified: 09 Jun 2021 02:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15597

Actions (login required)

View Item View Item