PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIN 16 MAGETAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Amrulloh, Ridlo Bhakti (2021) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIN 16 MAGETAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617013 RIDLO BHAKTI AMRULLOH skripsi.pdf

Download (946kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Amrulloh, Ridlo Bhakti. 2021. Penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV MIN 16 Magetan pada masa pandemi covid-19. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Anis Afifah, M.Pd
Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Metode Pembelajaran Berbasis Proyek, Energi Alternatif, Pandemi
Pembelajaranjarakjauh akibat pandemi covid-19 memberikan dampak terhadap penurunan hasil belajar IPA di MIN 16 Magetan. Terdapat penurunan yang drastis dari hasil belajar siswa sebanyak 27,3 % sebelum dan pada saat pandemi covid-19. Berdasarkan permasalahan di atas, guru melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran di masa pandemi covid-19. Kondisi tersebut dapat diperbaiki dengan memperhatikan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakter materi dan karakter siswa. Metode pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam keberhasilan pendidikan. Penggunaan metode yang tepat akan menentukan efektivitas dan efesiensi suatu proses pembelajaran. Metode pembelajaran yang efektif dan efisien digunakan dalam perbaikan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan guru kelas IV MIN 16 Magetan adalah metode pembelajaran berbasis proyek.
Penelitian ini memiliki tujuan 1) Mengetahui pelaksanaan metode pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa MIN 16 Magetan pada masa pandemi covid-19 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa MIN 16 Magetan pada masa pandemi covid-19. 3) Mengetahui dampak penerapan metode berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa MIN 16 Magetan pada masa pandemi covid-19.
Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian kualitatif studi kasus, yaitu deskripsi intensif dan analisis fenomena tertentu atau satuan sosial individu, kelompok, institusi atau masyarakat. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 16 Magetan dan target sasarannya adalah peningkatan hasil belajar IPA kelas IV MIN 16 Magetan.
Berdasarkan analisa data ditemukan bahwa: Pelaksanaan metode pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa MIN 16 Magetan pada masa pandemi covid-19 dengan tahapan 1) penentuan pertanyaan mendasar 2) menyusun perencanaan proyek 3) menyusun jadwal 4 )monitoring 5) menguji hasil 6) evaluasi. Faktor penghambat penerapan pembelajaran menggunakan metode proyek sebagai berikut: a) Masih perlu adanya adaptasi dari guru dan siswa b) Guru tidak bisa mengontrol penuh proses pembelajaran siswa selama melaksanakan PJJ. Faktor pendukung pembelajaran metode proyek sebagai berikut: a) Adanya antusias dari siswa dan wali murid dalam mengerjakan proyek, dikarenakan metode pembelajarannya baru dan menarik b) Pembelajaran berpusat pada siswa, sehingga siswa lebih aktif c) Metode pembelajarannya sangat menarik dan menyenangkan Dampak penerapan metode berbasis proyek di MIN 16 Magetan adalah terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa MIN 16 Magetan pada masa pandemi covid-19. Metode pembelajaran berbasis proyek terjadi peningkatan dari pembelajaran I 52% siswa tuntas belajar, pembelajaran II 68% siswa tuntas belajar, dan pembelajaran III 88% siswa tuntas belajar. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari pembelajaran I ke pembelajaran II 16% dan pembelajaran II ke pembelajaran III 20%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2021 02:06
Last Modified: 09 Jun 2021 02:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15595

Actions (login required)

View Item View Item