..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...KOMPARASI HASIL BELAJAR DARING ANTARA YANG MENGGUNAKAN DAN TIDAK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS III

Farida, Roizul Amin (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...KOMPARASI HASIL BELAJAR DARING ANTARA YANG MENGGUNAKAN DAN TIDAK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS III. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi roizul Amin farida.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah solusi yang paling efektif untuk mencerdaskan individu bangsa dan negara. Dalam kurun waktu satu tahun terakhir dunia pendidikan terganggu dengan adanya pandemi Covid-19 melanda seluruh belahan dunia. Guru dalam upaya melaksanakan proses pembelajaran perlu dilakukan dalam jaringan (daring). Namun, pelaksanaan proses pembelajaran secara daring memiliki beberapa kendala. Salah satu kendala terberat dalam pembelajaran daring adalah mengajar mata pelajaran matematika.. Pembelajaran daring matematika yang sudah dilaksanakan di sekolah MIN 3 Ponorogo melalui media whatsapp Group dimana guru cenderung memberikan tugas dan hanya sebatas tulisan dan audio saja sehingga situasi pembelajaran daring menjadi kurang baik dan menarik. Menurunnya minat belajar siswa karena bosan dan malas dengan model penyampaian materi yang hanya berupa teks yang berdampak pada hasil belajar siswa menjadi rendah pada mata pelajaran matematika kususnya menjadi masalah yang harus diselesaikan dengan baik. Proses pembelajaran daring matematika harus menggunakan media yang mudah didapatkan, ekonomis serta efisien dengan kondisi sekarang sehingga dapat mempermudah guru untuk menyampaikan materi. Salah satunya yaitu dengan menggunakan media audio visual untuk mendukung proses pembelajaran daring sehingga hasil belajar optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana hasil belajar daring siswa yang menggunakan media audio visual materi bangun datar siswa kelas III, (2) mengetahui hasil belajar daring siswa yang tidak menggunakan media audio visual materi bangun datar siswa kelas III, (3) mengetahui adakah perbedaan hasil belajar daring siswa antara yang menggunakan dan tidak menggunakan media audio visual materi bangun datar siswa kelas III.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang menggunakan metode kuasi eksperimen yang dilaksanakan di MIN 3 Ponorogo. Oleh karena itu peneliti memilih lokasi penelitian yang memiliki kelas pararel untuk siswa kelas III dan juga memiliki masalah tentang hasil belajar daring matematika di kelas III. Penelitian ini menggunakan pre test-treatment-post test dengan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol sebagai perbandingan. Masing-masing kelas yang menjadi objek penelitian adalah 26 siswa untuk kelas eksperimen dan 26 siswa untuk kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar daring siswa antara yang menggunakan media audio visual dan tidak menggunakan media audio visual (konvensional). Hal ini dapat dibuktikan Pada Pada kelas ekperimen siswa yang memiliki hasil belajar pretest kategori baik sebanyak 5 siswa (19,230%), hasil belajar pretest kategori cukup 15 siswa (57,692%) dan hasil belajar pretest kategori kurang 6 siswa (23,076). Sedangkan pada hasil belajar posttest kategori baik sebanyak 3 siswa (11,538%), hasil belajar posttest kategori cukup 20 siswa (76,923%) dan hasil belajar posttest kategori kurang 3 siswa (11,538%). Pada kelas kontrol siswa yang memiliki hasil belajar pretest kategori baik sebanyak 4 siswa (15,38%), hasil belajar pretest kategori cukup 19 siswa (73,07%) dan hasil belajar pretest kategori kurang 3 siswa (11,53%). Sedangkan pada hasil belajar posttest kategori baik sebanyak 11 siswa (30,69%), hasil belajar posttest kategori cukup 13 siswa (50%) dan hasil belajar posttest kategori kurang 5 siswa (19,230%).Terdapat perbedaan hasil belajar daring siswa kelas III pada materi Bangun Datar yang menggunakan media audio visual dan konvensional. Hasil belajar menggunakan media audio visual lebih tinggi karena meningkat 27,7% dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional meningkat 19%.kelas III di MIN 3 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hestu Wilujeng
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2021 02:02
Last Modified: 09 Jun 2021 02:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15592

Actions (login required)

View Item View Item