Manajemen Evaluasi dalam Meningkatkan Mutu Program Pendidikan (Studi Kasus di RA Muslimat Mayak Ponorogo)

Dayana, Fatma Dwi (2021) Manajemen Evaluasi dalam Meningkatkan Mutu Program Pendidikan (Studi Kasus di RA Muslimat Mayak Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211217062_FATMA DWIDAYANA_A4 SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggambarkan tentang manajemen evaluasi yang berperan besar dalam meningkatkan mutu program pendidikan di lembaga RA Muslimat Mayak Ponorogo di saat merebaknya wabah pandemik di tengah-tengah dunia pendidikan yang secara insidental lembaga harus merombak kembali kegiatan-kegiatan yang sebelumnya telah dirancang secara apik. Maka dari itulah manajemen evaluasi diperlukan untuk memberikan siasat untuk menata kembali mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga tindak lanjut evaluasi, yang dilakukan oleh kepala sekolah bersama para pendidik lembaga tersebut. Diharapkan dengan adanya manajemen evaluasi dalam program pendidikan akan memberikan dampak yang baik pula terhadap kemajuan serta keberhasilan lembaga tersebut.
Tujuan penelitian ini ialah sebagai berikut: 1.) Untuk mendeskripsikan perencanaan evaluasi dalam peningkatan mutu program pendidikan di RA Muslimat Mayak Ponorogo. 2.) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi dalam peningkatan mutu program pendidikan di RA Muslimat Mayak Ponorogo. 3.) Untuk mendeskripsikan tindak lanjut evaluasi dalam peningkatan mutu program pendidikan di RA Muslimat Mayak Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang digunakan sebagai pengumpulan data. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwasannya: (1) Perencanaan evaluasi dalam peningkatan mutu program pendidikan di RA Muslimat Mayak Ponorogo dimulai dari program semester yang harus mengacu pada STPPA (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak) untuk kemudian diterjemahkan ke dalam RPPM (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan) yang mana di dalamnya harus memuat pada enam aspek pengembangan anak yaitu: nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni. Kegiatan pembelajaran dialihkan ke dalam pembelajaran secara daring. Adapun perencanaan evaluasi terhadap pendidik juga dilakukan oleh kepala sekolah yang harus mengacu pada instrumen evaluasi. Contoh dari instrumen evaluasi untuk pendidik ialah melalui Penilaian Kinerja Guru (PKG). Tujuan dari perencanaan evaluasi ini ialah tidak lain supaya dapat memberikan kontribusi atau timbal balik yang positif dalam melayani peserta didik yakni dengan membuat Pembelajaran yang Aktif, Kreatif dan Menyenangkan (PAKEM). (2) Pelaksanaan evaluasi dalam peningkatan mutu program pendidikan di RA Muslimat Mayak Ponorogo berupa kegiatan memberikan penilaian bagi peserta didik dan pendidik secara berkelanjutan. Penilaian yang dilakukan di RA Muslimat Mayak Ponorogo ini menggunakan model penilaian secara formatif dan sumatif. (3) Tindak lanjut evaluasi dalam peningkatan mutu program pendidikan di RA Muslimat Mayak Ponorogo yaitu berupa kegiatan menemukan kelebihan serta menekan kekurangan yang ada dalam pelaksanaan program pendidikan sebelumnya dan dapat dijadikan pijakan untuk melangkah menyusun kembali program pendidikan yang lebih baik. Contoh tindak lanjut evaluasi tertuang melalui laporan Evaluasi Diri RA (EDRA).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2021 01:59
Last Modified: 09 Jun 2021 01:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15589

Actions (login required)

View Item View Item