KEPEMIMPINAN KEWIRAUSAHAAN KIAI DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILLS SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-BARAKAH MANGUNSUMAN, SIMAN, PONOROGO

Sugiarto, Sugiarto (2021) KEPEMIMPINAN KEWIRAUSAHAAN KIAI DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILLS SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-BARAKAH MANGUNSUMAN, SIMAN, PONOROGO. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SUGIARTO_NIM 502190066 NEW - upload etss.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sugiarto, 2021. Kepemimpinan Kewirausahaan kiai dalam meningkatkan life skills santri (studi kasus di pondok pesantren Al-Barakah, Mangunsuman, Siman, Ponorogo). Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pasca Sarjana, Institut Agama Islam Negerei (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing: Prof. Dr.Hj. S. Maryam Yusuf, M.Ag

Kata kunci : Kepemimpinan Kewirausahaan kiai, life skills santri.
Penelitian ini dilatar belakangi karena masih adanya kreatifitas alumni pesantren yang masih minim setelah terjun di masyarakat atau kurang cakap dalam menyelesaikan permasalahan hidupnya yang salah satu penyebabnya adalah masih kurangnya program-program life skills santri saat masih di pondok pesantren. Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan yang berbasis keagamaan berupaya melakukan berbagai program life skills agar bisa digunakan sebagai bekal masa depan para santri. Kepemimpinan kewirausahaan sangat diperlukan dalam upaya menumbuh kembangkan life skills santri guna meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di pondok pesantren Al-Barakah, Mangunsuman, siman, ponorogo.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menjelaskan kegiatan life skills santri Pondok Pesantren Al-Barokah, Mangunsuman, Siman, Ponorogo, (2) mengetahui strategi kepemimpinan kewirausahaan Kiai dalam meningkatkan life skills santri di Pondok Pesantren Al-Barokah, Mangunsuman, Siman, Ponorogo, (3) untuk mengetahui implikasi kepemimpinan kewirausahaan yang dilakukan Kiai dalam meningkatkan life skills santri Pondok Pesantren Al-Barokah, Mangunsuman, Siman, Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Al-Barakah, Mangunsuman, Siman, Ponorogo. Pengumpulan data penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis menurut tokoh Miles dan Huberman.
Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Bentuk-bentuk life skiils yang diimplementasikan di Pondok Pesantren Al-Barokah, Mangunsuman, Siman, Ponorogo adalah sebagai berikut: Unit Usaha pertukangan kayu, Welding, Budidaya Ikan gurami dan ikan Lele, Pemasaran Produk Air Minum Barokah Water, Bits Net (Jaringan wifi kabel). (2) Strategi kepemimpinan kewirausahaan yang dilakukan oleh kiai pondok pesantren diantaranya adalah Membangun kepercayaan dengan cara pimpinan harus memiliki kompetensi lebih dan mampu memberikan keteladanan secara langsung, membuat misi, membentuk tim yang solid, mengadakan workshop entrepreneur sekaligus melakukan praktik (3) Implikasi kepemimpinan kewirausahaan kiai dalam meningkatkan life skills santri di Pondok Pesantren Al-Barokah adalah dapat meningkatkan beberapa nilai-nilai islam diantaranya adalah : Jujur dan amanah, kreatif, dinamis, kerjasama, kerja keras, tekun dan ulet

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: MARYAM YUSUF
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2021 01:56
Last Modified: 09 Jun 2021 01:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15585

Actions (login required)

View Item View Item