Peran Orang Tua Dalam Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Online Pada Anak Sekolah Dasar Di Desa Sambiroto Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi

Wulandari, Retno (2021) Peran Orang Tua Dalam Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Online Pada Anak Sekolah Dasar Di Desa Sambiroto Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617051_RETNO WULANDARI_SKRIPSI DUMMY.pdf

Download (855kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Wulandari, Retno. 2021.Peran Orang Tua dalam Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Online pada Anak Sekolah Dasar di Desa Sambiroto Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Pembelajaran Jarak Jauh, Berbasis Online
Orang tua mempunyai kewajiban mendidik, mengajarkan, dan menanamkan nilai-nilai baik kepada anaknya. Peran orang tua sangatlah penting terlebih lagi dalam membantu anak belajar. Seiring dengan berkembangnya zaman pembelajaran dilakukan dengan berbasis online pada anak Sekolah Dasar yang bisa dikerjakan di rumah atau bisa disebut dengan pembelajaran jarak jauh berbasis online. Dalam pembelajaran berbasis online ini orang tua sangat berpengaruh dalam mendampingi anak belajar karena terkadang usia anak Sekolah Dasar tidak bisa menerima materi pembelajaran dengan baik. Pembelajaran jarak jauh berbasis online ini mempunyai kendala saat sinyal yang digunakan untuk mengerjakan tugas online tiba-tiba buruk sehingga menuntut orang tua agar anak tetap bisa mengerjakan tugas berbasis online nya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan cara orang tua mendampingi anak belajar berbasis online di Desa Sambiroto Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi, (2) mendeskripsikan kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar berbasis online di Desa Sambiroto Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi, dan (3) mendeskripsikan solusi orang tua dalam menerapkan pembelajaran berbasis online di Desa Sambiroto Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang mengarah kepada kejadian atau fenomena yang akan diteliti. Untuk mendapatkan data yang mendalam peneliti menggunakan tehnik wawancara, observasi, dan studi dokumen yang kemudian dianalisis menjadi suatu teori. Penelitian ini melibatkan orang tua dan anak usia Sekolah Dasar di Desa Sambiroto Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi.
Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa: (1) Cara orang tua dalam mendampingi anak belajar berbasis online di Desa Sambiroto Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi ialah orang tua sebagai pengganti guru di rumah, dimana orang tua dituntut untuk mendampingi anak ketika mengerjakan tugas berbasis online karena anak terkadang tidak bisa menerima materi pelajaran dengan baik. Orang tua sebagai fasilitator dimana orang tua menyiapkan keperluan anak ketika anak belajar jarak jauh berbasis online. Orang tua sebagai motivator dimana orang tua memberikan semangat terhadap anaknya agar mau mngerjakan tugas berbasis online dan agar anak tidak merasa bosan saat pembelajaran berbasis online berlangsung. Dan orang tua sebagai pengaruh terbesar pada anak. (2) Kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar berbasis online ialah ketika anak kehabisan kuota saat proses pembelajaran berbasis online berlangsung dan orang tua tidak mempunyai uang untuk membelikan kuota anaknya, di sini status sosial orang tua juga penting. Ketika orang tua bekerja dan harus meninggalkan anaknya belajar sendiri di rumah memungkinkan anak tidak belajar melainkan bermain game, di sini peran orang tua sangatlah diperlukan walaupun orang tua bekerja tetap bisa menyempatkan berkomunikasi dengan anaknya melalui hp. (3) Solusi orang tua dalam menerapakan pembelajaran jarak jauh berbasis online di Desa Sambiroto Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi ialah anak selalu diingatkan untuk mengerjakan tugas dan selalu dipantau oleh orang tuanya masing-masing. Anak disuruh orang tuanya agar belajar kelompok supaya tidak merasa bosan di rumah terus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2021 08:16
Last Modified: 08 Jun 2021 08:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15583

Actions (login required)

View Item View Item