STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PENGENALAN WARNA DI TK MUSLIMAT NU 001 PONOROGO

Naresti, Murni Dwi (2021) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PENGENALAN WARNA DI TK MUSLIMAT NU 001 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_211117017_MURNI DWI NARESTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

DWI NARESTI, MURNI. 2021. Strategi Guru Dalam Menumbukan Kreativitas
Siswa Melalui Pengenalan Warna Di TK Muslimat NU 001 Ponorogo.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah
Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Pembimbing Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag.
Kata Kunci: Kreativitas Siswa , Pengenalan Warna, Strategi Guru
Meningkatkan kreativitas melaui pengenalan warna pada anak usia dini
sangatlah penting karena mengenalkan warna kepada anak dapat membentuk
struktur kognitif anak, salah satunya anak mempunyai kreativitas dalam warna,
dalam proses pembelajaran anak dikenalkan pada bagimana warna dibentuk. Anak
akan memperoleh informasi yang lebih banyak.Dalam hal ini anak akan
mengetahui warna secara konsep berdasarkan pengalaman belajar. Sedangkan
permasalahan yang ditemukan terdapat beberapa anak di TK Muslimat NU 001
Ponorogo yang masih belum mengenalan warna. Oleh karena itu, diperlukan
strategi guru dalam menumbuhkan kreativitas siswa melalui pengenalan warna di
TK Muslimat NU 001 Ponorogo
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan proses pembelajaran
pengenalan warna di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. 2) mendeskripsikan
strategi guru dalam menumbukan kreativitas siswa melalui pengenalan warna
dari aspek rasa ingin tahu di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. 3) Strategi guru
dalam menumbukan kreativitas siswa melalui pengenalan warna dari aspek
antusias di TK Muslimat NU 001 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, adapun jenis
penelitian ini menggunakan studi kasus dengan tahap pengambilan data melalui
observasi dan wawancara selebihnya tambahan data seperti dokumen. Teknik
analisis penelitian ini menggunakan teori Miles dan Huberman dengan langkah
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) menumbuhkan proses kreativitas
siswa melalui pengenalan warna di TK Muslimat NU 001 Ponorogo pada kelas
A1 mayoritas berkembang dengan baik. 2) Strategi guru dalam menumbukan
krativitas siswa melalui pengenalan warna dari aspek ingin tahu di TK Muslimat
NU 001 Ponorogo menunjukan bahwa siswa di kelas A1 kebanyakan sering
bertanya, mampu berpikir imajinatif. 3) Strategi guru dalam menumbukan
kreativitas siswa dari aspek antusias di TK Muslimat NU 001 Ponorogo
mengunakan strategi bernyani dan bermain melalui pengenalan warnadengan
benda balok.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2021 06:47
Last Modified: 08 Jun 2021 06:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15575

Actions (login required)

View Item View Item