PENGARUH KEIKUTSERTAAN SHALAT BERJAMAAH DAN KEAKTIFAN MENGIKUTI MAJELIS TAKLIM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA DI DUKUH PRAYUNGAN KELURAHAN PAJU KECAMATAN PONOROGO

Darmawan, Rizal Nadi Mochamad (2021) PENGARUH KEIKUTSERTAAN SHALAT BERJAMAAH DAN KEAKTIFAN MENGIKUTI MAJELIS TAKLIM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA DI DUKUH PRAYUNGAN KELURAHAN PAJU KECAMATAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
rizal nadi upload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Darmawan, Rizal Nadi Mochamad. 2021. Pengaruh Keikutsertaan Shalat Berjamaah Dan Keaktifan Mengikuti Majelis Taklim Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Di Dukuh Prayungan Kelurahan Paju Kecamatan Ponorogo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I
Kata Kunci: Sholat Berjamaah, Majelis Taklim dan Perilaku Keagamaan
Shalat berjama’ah merupakan sholat yang dipimpin satu orang di namakan sebagai imam sholat. Majelis taklim merupakan lembaga dakwah islam yang tumbuh dan berkembang dari kalangan masyarakat berdasarkan prinsip tolong menolong dalam kebaikan dan sarana penyebaran syiar Islam. perilaku keagamaan remaja adalah aktivitas yang timbulkan oleh seseorang dalam kehidupan sehari-hari yang di dasarkan atas nilai-nilai agama yang diyakininya serta konsistensi antara kepercayaan terhadap semua agama sebagai unsur kognitif, perasaan terhadap agama sebagai unsur efektif, dan perilaku terhadap agama sebagai unsur kognitif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh keikutsertaan sholat berjamaah terhadap perilaku keagamaan remaja di Dukuh Prayungan Kelurahan Paju Kecamatan Ponorogo. (2) Untuk mengetahui adakah pengaruh keaktifan mengikuti majelis taklim terhadap perilaku keagamaan remaja di Dukuh Prayungan Kelurahan Paju Kecamatan Ponorogo. (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh keikutsertaan kegiatan sholat berjamaah dan keaktifan mengikuti majelis taklim terhadap perilaku keagamaan remaja di Dukuh Prayungan Kelurahan Paju Kecamatan Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini berpopulasi 38 siswa dan pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh sehingga seluruh populasi menjadi sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan rumusan masalah 1 dan 2 analisis data regresi linier sederhana dan untuk rumusan masalah 3 regresi linier berganda.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Keikutsertaan sholat berjamaah berpengaruh terhadap perilaku keagamaan remaja Dukuh Prayungan Kelurahan Paju Kecamatan Ponorogo. (2) Keaktifan mengikuti majelis taklim berpengaruh terhadap perilaku keagamaan remaja Dukuh Prayungan Kelurahan Paju Kecamatan Ponorogo. (3) Keikutsertaan sholat berjamaah dan keaktifan mengikuti majelis taklim terhadap perilaku keagamaan remaja Dukuh Prayungan Kelurahan Paju Kecamatan Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2021 06:11
Last Modified: 08 Jun 2021 06:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15573

Actions (login required)

View Item View Item