Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Terhadap Kesiapan Memasuki Sekolah Dasar di TK Muslimat NU 001 Ponorogo

Afifah, Vina Rohmatul (2021) Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Terhadap Kesiapan Memasuki Sekolah Dasar di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211117005_VINA ROHMATUL A._PIAUD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Afifah, Vina Rohmatul. 2021. Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Terhadap Kesiapan Memasuki Sekolah Dasar di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Skripsi, Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Yuli Salis Hijriyani, M.Pd.
Kata Kunci: Membaca Permulaan, Anak Usia Dini, Kesiapan Sekolah Dasar.
Kemampuan membaca permulaan anak pra sekolah memiliki kaitan erat dengan kesiapan anak memasuki sekolah dasar. Pemberian latihan membaca sejak dini akan melatih kemampuan anak untuk memiliki kesiapan membaca secara lebih matang. Bekal kemampuan membaca permulaan ini akan membawa anak kepada kesiapan secara akademik. Fakta ditemukan bahwa anak di TK Muslimat NU 001 Ponorogo sebagian besar sudah memiliki kesiapan dalam membaca permulaan walaupun ada sebagian anak yang masih kurang dalam kemampuan membaca permulaan.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil dari rumusan masalah: 1) untuk mendeskripsikan membaca permulaan anak usia dini terhadap kesiapan memasuki sekolah dasar di TK Muslimat NU 001 Ponorogo, 2) untuk menganalisis keberhasilan kemampuan membaca permulaan anak usia dini terhadap kesiapan memasuki sekolah dasar di TK Muslimat NU 001 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data memakai konsep Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini berupa tahap pra lapanga, tahap pekerjaan lapangan, serta analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi membaca permulaan anak usia dini di kelas B TK Muslimat NU 001 Ponorogo yaitu guru membuat rancangan materi pembelajaran RPPH sebagai acuan pembelajaran, kegiatan membaca permulaan dilakukan di sela-sela pembelajaran inti dan pada kegiatan pengaman. Proses pelaksanaan membaca permulaan diawali dengan anak membaca sambil menulis kata atau kalimat sederhana di papan tulis maupun pada tugas majalah (contoh: memberi huruf pada kata atau kalimat yang belum sempurna), dan kegiatan evaluasi dilakukan setiap akhir bulan untuk melihat tingkat keberhasilan kemampuan membaca anak. (2) Keberhasilan kemampuan membaca anak semakin meningkat setelah diadakannya metode eja, metode kata, dan metode kalimat. Pada awal masuk kelompok B kemampuan anak masih dalam tahap mengeja kata dan tingkat kemampuan anak pada tingkat Mulai Berkembang (MB) dan sampai pada tingkat kemampuan Berkembang Sangat Baik (BSB) pada kemampuan membaca lancar pada kalimat sederhana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuli Salis Hijriyani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2021 06:12
Last Modified: 08 Jun 2021 06:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15568

Actions (login required)

View Item View Item