..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)...Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX B Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Ma'arif 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Murtopo, Pion Joko (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)...Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX B Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Ma'arif 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316199_PION JOKO MURTOPO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Murtopo, Pion Joko. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Ix B Mata Pelajaran Pai Di Smp Ma’arif 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Arif Wibowo, M.Pd.I

Kata Kunci: Model PembelajaranArtikulasi, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan dalam proses belajar mengajar yang cenderung menggunakan model ceramah, sehingga dalam proses pembelajaran cenderung didominasi oleh guru, tanpa ada peran aktif dari siswa. Maka melihat kenyataan yang demikian, perlu adanya alternatif dalam melakukan proses pembelajaran diantaranya menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran artikulasi, model pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan keberanian siswa dalam berpresentasi dan melatih siswa untuk aktif berdiskusi di dalam kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran artikulasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX B di SMP Ma’arif 1 Ponorogo dan (2) Mengetahui prestasi belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran artikulasi di kelas IX B pada mata pelajaran PAI di SMP Ma’arif 1 Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan penelitian di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Yang mencakup II siklus dalam tiap siklusnya meliputi 4 langkah, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa: (1) Model pembelajaran Artikulasi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas IX B di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. (2) Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas IX B SMP Ma’arif 1 Ponorogo dengan menerapkan model pembelajaran Artikulasi pada mata pelajaran PAI diperoleh kesimpulan sebagai berikut: model pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada siklus I siswa yang masuk kategori sangat baik sebanyak 10,7% dari 3 siswa, kategori baik sebanyak 53,5% dari 15 siswa, kategori kurang baik sebanyak 35,7% dari 10 siswa. Pada siklus II naik menjadi 25,0% dari 7 siswa untuk kategori sangat baik, 67,8% dari 19 siswa untuk kategori baik, kemudian 7,1% dari 2 siswa kategori kurang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2021 05:48
Last Modified: 08 Jun 2021 05:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15567

Actions (login required)

View Item View Item