Studi Komparasi Penggunaan Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Ma’arif Ngrupit Tahun Pelajaran 2021

Handayani, Kafita Tri (2021) Studi Komparasi Penggunaan Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Ma’arif Ngrupit Tahun Pelajaran 2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617084 KAFITA TRI HANDAYANI PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Handayani, Kafita Tri. 2021. Studi Komparasi Penggunaan Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Ma’arif Ngrupit Tahun Pelajaran 2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Kurnia Hidayati, M.Pd.
Kata Kunci : Video Pembelajaran, Hasil Belajar, IPA.
Video pembelajaran merupakan media audio visual yang menyajikan pesan pembelajaran berupa konsep-konsep, prinsip-prinsip, prosedur serta teori aplikasi pengetahuan yang bisa membantu siswa memahami suatu materi pembelajaran. Hasil belajar adalah suatu keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran dengan mencapai target yang telah ditetapkan oleh pendidik yaitu yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah suatu ilmu yang mengkaji segala sesuatu tentang gejala yang ada di alam baik benda hidup maupun benda mati. Kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan guru di MI Ma’arif Ngrupit dalam proses pembelajaran IPA masih didominasi dengan metode ceramah dan penugasan secara individual, sehingga peserta didik menjadi kurang tertarik dengan pembelajaran. Untuk membuat peserta didik agar menjadi lebih menyenangkan dalam belajar maka diperlukan media pembelajaran yang efektif dan efisien karena dapat menentukan hasil belajar peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI Ma’arif Ngrupit yang menggunakan video pembelajaran, (2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI Ma’arif Ngrupit yang tidak menggunakan video pembelajaran, (3) Untuk mengetahui adakah perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI Ma’arif Ngrupit antara yang menggunakan dan tidak menggunakan video pembelajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Ma’arif Ngrupit, dengan sampel kelas IV A sebagai kelas eksperimen sedangkan IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara tes secara online. Teknis analisis data dengan analisis komparasi dan uji-t.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI Ma’arif Ngrupit yang menggunakan video pembelajaran termasuk dalam kategori cukup yakni dengan memiliki presentase sebesar 83,34%. (2) Hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI Ma’arif Ngrupit yang tidak menggunakan video pembelajaran termasuk dalam kategori cukup yakni dengan memiliki presentase sebesar 45,83%.(3) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI Ma’arif Ngrupit antara yang mengunakan dan tidak menggunakan video pembelajaran. Berdasarkan Pada Uji t yang dimana to > t_(tabel )dengan taraf signifikan 5% to =2,940 dan t_(tabel )1,678, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2021 05:46
Last Modified: 08 Jun 2021 05:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15566

Actions (login required)

View Item View Item