..(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, UPLOAD ULANG)..STRATEGI PEMBINAAN KESISWAAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL ROHMAH MAN 2 KOTA MADIUN

ulinuha, ulfa (2021) ..(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, UPLOAD ULANG)..STRATEGI PEMBINAAN KESISWAAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL ROHMAH MAN 2 KOTA MADIUN. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ULFA ULINUHA_NIM 502190067.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sebagai sebuah lembaga pedidikan yang berbasis keagamaan, lembaga pondok pesantren merupakan lingkungan yang selalu dibutuhkan untuk menjawab semua problematika yang ada dilingkungan masyarakat, serta untuk memenuhi kebutuhan keilmuan dalam bersosial terlebih untuk mengikis dan mengurangi dampak kenakalan remaja yang sedang marak. Permasalahan dalam lingkungan pendidikan ini, bisa dikendalikan dengan pembinaan yang baik dan benar dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pondok Pesantren Darul Rohmah MAN 2 Kota Madiun memiliki program pembinaan yang terfokus pada pemaksimalan pengembangan santri untuk peningkatan mutu karakter santri dengan serangkaian kegiatan didalamnya.
Penelitian ini bertujuan: 1) Menjelaskan proses perencanaan strategi pembinaan kesiswaan di Pondok Pesantren Darul Rohmah MAN 2 Kota Madiun. 2) Mengungkap implementasi strategi pembinaaan kesiswaan untuk meningkatkan mutu karakter santri. 3) Mengidentifikasi evaluasi pelaksanaan strategi pembinaaan kesiswaan di Pondok Pesantren Darul Rohman MAN 2 Kota Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teori menurut tokoh Miles dan Huberman yang meliputi kegiatan Pengumpulan data, Reduksi data, penyajian data, da penyimpulan data.
Hasil Penelitian ini adalah : 1) perecanaan strategi pembinaan dilakukan oleh setiap awaltahun pembelajaran dan diikuti oleh pengelola asrama, pengasuh asrama, ustaz-ustazah serta musyrif-musyrifah dari pihak santri. Tahapan-tahapan perencanaan yang ada di Pondok Pesantren DarulRohmah adalah. a) analisis keadaan, b) menetapkan alternatif tujuan rencana, c) mengevaluasi tujuan rencana.d) erencanaan memilih tujuan dan rencana, (2) Pelaksanaan strategi pembinaan di Pondok Pesantren Darul Rohmah berjalan sesuai dengan rencana karena dalam kegiatan yang berlangsung diupayakan untuk selalu diawasi dan diperhatikan perilaku santri diasrama dan diluar asrama, sedangkan nilaikarakter yang ditekankan di Pondok Pesantren Darul Rohmah adalah karakter empati,sehingga apapun kegiatan santri ataupun hukuman sekalipun didasarkan dengan empati itu sendiri. (3) Evaluasi pembinaan santri di Pondok Pesantren darul Rohmah dilakukan guna menambah dan mengurangi hal-hal yang dirasa perlu diadakan dan tidak diadakan. Sedang evaluasi sendiridi Pondok Pesantren Darul Rohmah diadakan setiap hari oleh penangungjawab yaitu pengasuh asrama masing-masing. Faktor pendukung dalam proses pembinaan diasramaadalah sudah terbentunya milio atau lingkungan berkarakter. Sedangkan faktor penghambat dalam pembinaan adalah belum adanya buku induk yang menjadi panduan pasti untukpembinaan yang maksimal dilakukan oleh lembaga pendidikan selama 3 tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: AKSIN
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2021 03:09
Last Modified: 08 Jun 2021 03:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15559

Actions (login required)

View Item View Item