Pengaruh Kondisi Belajar dan Peran Orang Tua di Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di MI Mamba`ul Huda Ngabar Tahun Ajaran 2020/2021

Wardani, Desi Pramudya (2021) Pengaruh Kondisi Belajar dan Peran Orang Tua di Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di MI Mamba`ul Huda Ngabar Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617094 DESI PRAMUDYA WARDANI PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Wardani, Desi Pramudya. 2021. Pengaruh Kondisi Belajar dan Peran Orang Tua di Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di MI Mamba`ul Huda Ngabar Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Sofwan Hadi, M.Si.
Kata Kunci : Kondisi belajar, Peran orang tua, Minat belajar
Kondisi belajar yang baik sangat mendukung proses belajar yang dilakukan dari rumah, dengan keadaan yang nyaman dapat meningkatkan minat belajar siswa. Adanya peran orang tua yang membantu mengawasi setiap kegiatan belajar anak di rumah juga dapat meningkatkan minat belajar siswa selama belajar di rumah. Minat adalah kecenderungan jiwa terhadap sesuatu yang terdiri dari perasaan senang, memperhatikan, kesungguhan, adanya motif dan tujuan dalam mencapai suatu tujuan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah kondisi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa kelas V MI Mamba`ul Huda Ngabar pada mata pelajaran Matematika selama masa pandemi COVID-19. (2) Untuk mengetahui apakah peran orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap minat minat belajar siswa kelas V MI Mamba`ul Huda Ngabar pada mata pelajaran Matematika selama pandemi COVID-19. (3) Untuk mengetahui apakah kondisi belajar dan peran orang tua di masa pandemi COVID-19 berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di MI Mamba`ul Huda Ngabar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket sedangkan untuk menganlisis data menggunakan rumus regresi linear berganda.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Kondisi belajar siswa kelas V MI Mamba`ul Huda Ngabar termasuk kategori cukup. Dari hasil penelitian dapat diketahui presentase tertinggi adalah kategori cukup yaitu 23 siswa (70%). (2) Peran orang tua di masa pandemi COVID-19 termasuk kategori cukup. Dari hasil penelitian dapat diketahui presentase tertinggi adalah kategori cukup yaitu 22 siswa (66,67%). (3) Minat belajar matematika siswa kelas V MI Mamba`ul Huda Ngabar termasuk kategori cukup. Dari hasil penelitian dapat diketahui presentase tertinggi adalah kategori cukup yaitu 22 siswa (66,67%). (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kondisi belajar dan peran orang tua di masa pandemi COVID-19 terhadap minat belajar matematika siswa kelas V MI Mamba`ul Huda Ngabar. Dari hasil perhitungan taraf signifikansi sebesar 5% maka diperoleh Ftabel = F_(0,05(2;30)). Dengan melihat tabel F diperoleh besar Ftabel = 3,32 dan analisis hipotesis diperoleh F hitung sebesar 36,6% yaitu 8,664. Karena Fhitung lebih besar dari Ftabel maka H0 ditolak. Diketahui koefisien R2 diperoleh sebesar 0,366 yang artinya bahwa pengaruh kondisi belajar dan peran orang tua selama pendemi berpengaruh terhadap minat belajar matematika siswa kelas 5 MI Mamba`ul Huda Ngabar sebesar 36,6% dan sisanya 63,4% dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk dalam pembahasan ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2021 03:08
Last Modified: 08 Jun 2021 03:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15558

Actions (login required)

View Item View Item