INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN RELEVANSINYA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK MERAK PONOROGO

Kulsum, Umi (2021) INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN RELEVANSINYA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK MERAK PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 211117015 UMI KULSUM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

KULSUM UMI. 2021. Interaksi Teman Sebaya Dan Relevansinya Dengan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini Di TK Merak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuli Salis Hijriyani, M.Pd.

Kata Kunci: Interaksi Teman Sebaya, Perkembangan Sosial-Emosional, Anak Usia Dini
Interaksi teman sebaya memiliki hubungan yang sangat erat kaitannya dengan perkembangan sosial-emosional anak usia dini. Dengan demikian, kurangnya interaksi teman sebaya dapat mempengaruhi perkembangan sosial-emosional anak usia dini. Fakta ditemukan bahwa anak di TK Merak Ponorogo ada beberapa anak yang masih suka menyendiri, tidak mau berbagi antar sesama, dan ada juga anak yang agresif (suka memukul). Hal ini dapat berpengaruh terhadap perkembangan sosial-emosional anak.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bentuk-bentuk interaksi teman sebaya anak usia dini di TK Merak Ponorogo; dan 2) mengetahui relevansi interaksi teman sebaya dengan perkembangan sosial-emosional anak usia dini di TK Merak Ponorog
Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bentuk-bentuk interaksi teman sebaya usia 5-6 tahun di TK Merak Ponorogo yaitu interaksi antar individu, interaksi individu dengan kelompok dan interaksi antar kelompok. 2) relevansi interaksi teman sebaya dengan perkembangan sosial-emosional anak usia dini di TK Merak Ponorogo yaitu dapat mengembangkan percaya diri, memiliki rasa tanggungjawab dan memiliki sikap prososial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuli Salis Hijriyani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2021 02:34
Last Modified: 08 Jun 2021 02:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15554

Actions (login required)

View Item View Item