Pengaruh Media Sosial dan Game Online terhadap Akhlak Siswa di SMK Negeri 1 Jenangan Tahun Ajaran 2020/2021

Mubarak, Nur Cholis (2021) Pengaruh Media Sosial dan Game Online terhadap Akhlak Siswa di SMK Negeri 1 Jenangan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_210316433_Nur Cholis Mubarak.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mubarok, Nur Cholis. 2021. Pengaruh Media Sosial dan Game Online terhadap Akhlak Siswa di SMK Negeri 1 Jenangan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.

Kata Kunci: Sikap, Teknologi Informasi, Permainan
Akhlak merupakan perilaku yang tertanam dalam diri setiap manusia. Perilaku yang mencerminkan akhlak pada umumnya dilakukan secara spontan sehingga akan memperlihatkan akhlak yang dimiliki. Karena apa yang dilakukannya tanpa melewati proses berfikir yang panjang. Dan perilaku itu tidak semerta-merta langsung ada, namun ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mau tidak mau membawa kita ke era digital 4.0. Dimana perkembangan ini memiliki dampak begitu besar terhadap kehidupan manusia, khususnya dalam bidang informatika. Fenomena ini didukung dengan perkembangan internet yang begitu pesat, seperti koneksi yang semakin kuat dan stabil dibarengi dengan munculnya telepon-telepon pintar (smartphone) yang beredar di masyarakat. Penelitian ini membahas tentang bagaimana media sosial dan game online berpengaruh terhadap akhlak siswa di SMK Negeri 1 Jenangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Media Sosial terhadap Akhlak Siswa di SMK Negeri 1 Jenangan. (2) Pengaruh Game Online terhadap Akhlak Siswa di SMK Negeri 1 Jenangan. (3) Pengaruh Media Sosial dan Game Online terhadap Akhlak Siswa di SMK Negeri 1 Jenangan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, pengumpulan data media sosial, game online dan akhlak menggunakan angket dan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Adapun teknik analisis dalam penelitian ini yaitu dengan analisis linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) bahwa media sosial berpengaruh signifikan terhadap akhlak siswa SMK Negeri 1 Jenangan. Hal ini diketahui dari hasil uji t yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana nilai ini lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian secara umum dapat dikatakan bahwa media sosial berpengaruh signifikan terhadap akhlak. (2) game online berpengaruh signifikan terhadap akhlak siswa SMK Negeri 1 Jenangan. Hal ini diketahui dari hasil uji t yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana nilai ini lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian secara umum dapat dikatakan bahwa game online berpengaruh signifikan terhadap akhlak. (3) media sosial dan game online berpengaruh secara signifikan terhadap akhlak siswa SMK Negeri 1 Jenangan. Hal ini diketahui dari hasil uji F yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana nilai ini lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian secara umum dapat dikatakan bahwa media sosial dan game online berpengaruh signifikan terhadap akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2021 02:27
Last Modified: 08 Jun 2021 02:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15550

Actions (login required)

View Item View Item