TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI BUAH SAWO DENGAN SISTEM KONTRAK DI DESA SUKOREJO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PONOROGO

FIKRI, YUSRON (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI BUAH SAWO DENGAN SISTEM KONTRAK DI DESA SUKOREJO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210216052_Yusron FIkri_HES.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Berbagai macam konsep jual beli yang berlaku di masyarakat kini sudah dikemas kedalam berbagai bentuk. Diantaranya jual beli yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo merupakan jual beli buah sawo dengan sistem kontrak. Pada hakikatnya jual beli itu boleh dan sah apabila syarat dan rukunnya sesuai dengan hukum islam yang ditentukan. Penelitian ini berangkat dari kegelisahan penulis tentang praktik jual beli buah sawo dengan sistem kontrak, yaitu mengenai akad jual beli dan penentuan harga. Mengenai akad jual beli tersebut terjadi di saat awal pembelian pertama dan pihak pemborong menawarkan beberapa musim untuk memanen buah sawo kepada pemilik pohon kisaran sampai waktu yang telah disepakati. Dan penentuan harganya setiap musim panen selalu turun bahkan dibawah harga pasaran pemborong lain. Di sini penulis meneliti praktik jual beli musiman agar mengetahui praktik jual beli buah sawo masyarakat setempat.
Berdasarkan kegelisahan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Tinjauan hukum Islam terhadap akad jual beli buah sawo dengan sistem kontrak di Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo?. (2) Bagaimana Tinjauan hukum Islam terhadap praktik penentuan harga dalam jual beli buah sawo di Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo?.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah metode induktif yaitu metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, praktik akad jual beli buah sawo dengan sistem kontrak di Desa Sukorejo itu tidak sah menurut hukum Islam, karena dari syarat ma’qu>d ‘alaih tidak terpenuhi, yakni mengandung unsur ghara<r, za<lim dan tidak sesuai dengan prinsip perdagangan Islam. Kedua, Penentuan harga jual beli buah sawo dengan sistem kontrak di Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo itu tidak sesuai dengan hukum Islam, karena setiba memasuki musim panen yang kedua dan seterusnya sebelum masa kontrak habis harga menjadi menurun bahkan di bawah harga pasaran dari kebanyakan pemborong lain yang mencoba menawar. Yang seharusnya harga yang ditentuhan harus mengikuti harga pasaran yang berlaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: KHUSNIATI ROFIAH
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2021 02:26
Last Modified: 08 Jun 2021 02:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15549

Actions (login required)

View Item View Item