Analisa Kriteria Kelayakan Pos Observasi Bulan/POB Rukyah Al-hilal (Studi Analisis Terhadap POB Gunung Sekekep Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo)

Ahsani, Muhammad Furqon (2021) Analisa Kriteria Kelayakan Pos Observasi Bulan/POB Rukyah Al-hilal (Studi Analisis Terhadap POB Gunung Sekekep Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI M. FURQON AHSANI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan pelaksanaan rukyah al-hilal yang dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ponorogo. Kemenag Ponorogo melalui tim Badan Hisab Rukyat (BHR) rutin melakukan kegiatan rukyah al-hilal khususnya pada awal bulan hijriyah yang penting bagi umat Islam seperti Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah.
Tim BHR Ponorogo telah beberapa tahun melakukan kegiatan rukyah al-hilal di pos observasi bulan/POB Gunung Sekekep seperti pada tahun 2018 dan 2019. Disana tim BHR menemui beberapa kendala yakni sulitnya melihat al-hilal dikarenakan faktor alam.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana kriteria suatu tempat dapat dikatakan layak untuk melihat al-hilal. Terdapat berbagai hal yang berkaitan dengan pelaksanaan rukyah al-hilal yang harus diperhatikan. Hal ini bertujuan agar pelaksanaannya bisa berjalan lancar dan juga bisa berhasil melihat al-hilal. Karena banyak faktor yang selama ini melatar belakangi tidak terlihatnya al-hilal.
Penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) yang menggambarkan fenomena secara apa adanya dengan cara mencari data secara langsung dengan melihat objek yang akan diteliti. Metode penelitian dalam penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kualitiatif yaitu pendekatan yang lebih menekankan pada analisis proses kemudian menyimpulkan secara induktif yang diperoleh dari penelitian data di lapangan.

Berdasarkan hasil analisis yang peneliti lakukan, melakukan kegiatan rukyah al-hilal haruslah memperhatikan berbagai aspek baik sarana prasarana maupun kondisi lingkungan tempat yang akan dijadikan sebagai pos observasi bulan/POB. Hal ini dikarenakantidak setiap tempat bisa digunakan untuk melihat al-hilal sehingga perlu adanya tinjauan kembali pada setiap tempat yang diperkirakan memungkinkan untuk melihat al-hilal. Pada dasarnya tempat untuk melihat al-hilal haruslah memenuhi berbagai kriteria kelayakan sebagai tempat rukyah al-hilal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Novi Fitia Maliha
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2021 02:26
Last Modified: 08 Jun 2021 02:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15547

Actions (login required)

View Item View Item