Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tajwid Melalui Model Card Sort Berbasis Wordwall Siswa Kelas IV MI Plus Bunga Bangsa Tahun Ajaran 2020/2021

Nafi'ah, Tsamrotin (2021) Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tajwid Melalui Model Card Sort Berbasis Wordwall Siswa Kelas IV MI Plus Bunga Bangsa Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617075_TSAMROTIN NAFI'AH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar mengajar merupakan suatu proses kegiatan dimana guru dan peserta didik saling berinteraksi guna mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Tetapi faktanya, kegiatan belajar mengajar di MI Plus Bunga Bangsa Dolopo Madiun masih belum maksimal. Aktivitas belajar siswa masih kurang terlihat dan siswa belum sepenuhnya terlibat dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa masih banyak yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan model card sort berbasis wordwall untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tajwid di MI Plus Bunga Bangsa Dolopo Madiun.
Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang terjadi dan muncul dalam proses pembelajaran pada muatan lokal tajwid kelas IV B MI Plus Bunga Bangsa tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi dan tes melalui game wordwall dan google form. Teknik analisis data peneliti menggunakan data kualitatif yang diperoleh dari data hasil belajar menggunakan model card sort berbasis wordwall.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model card sort berbasis wordwall dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada dua siklus. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar pada setiap siklus. Pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 74,07% atau sebanyak 20 siswa dan pada siklus II meningkat menjadi 92,59% atau sebanyak 25 siswa. Hasil tersebut meningkat daripada hasil saat observasi peneliti bahwa siswa yang sungguh-sungguh saat belajar hanya 48,15 % atau sebanyak 13 siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I yang mencapai ketuntasan sebesar 70,38% atau sebanyak 19 siswa dan pada siklus II meningkat menjadi 92,59% atau sebanyak 25 siswa. Hasil tersebut meningkat 29,63% pada siklus I dan 48,15% pada siklus II daripada hasil saat pra siklus atau hasil nilai UAS siswa pada semester ganjil yang hanya mencapai 44,44% atau sebanyak 12 siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2021 02:25
Last Modified: 08 Jun 2021 02:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15546

Actions (login required)

View Item View Item