Peningkatan Pemahaman Gizi Seimbang Pada Anak Usia Dini Di TK Muslimat NU 001 Ponorogo

Khusaiyah, Mastna Nezamul (2021) Peningkatan Pemahaman Gizi Seimbang Pada Anak Usia Dini Di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, Iain Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD_211117013_MASTNA NEZAMUL.pdf

Download (855kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Khusaiyah, Mastna Nezamul, 2020. Peningkatan Pemahaman Gizi Seimbang Anak Pada Usia
Dini Di TK Muslimat NU 001 Ponorogo(Studi Kasus Di TK Muslimat NU 001 Ponorogo). Skripsi, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Evi Muafiah, M, Ag.

Kata Kunci : Pemahaman, Gizi Seimbang, Anak Usia Dini

Pemahaman adalah salah satu proses, cara, perbuatan, atau kegiatan memahamkan. Pemahaman bukan hanya kegiatan berfikir semata tetapi bagaimana proses pemindahan dari yang satu ke dalam situasi yang lain. Sedangkan Gizi seimbang merupakan susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan dan berat badan. Anak prasekolah mengalami masa pertumbuhan yang sangat peset, sehingga membutuhkan konsumsi pangan yang cukup untuk pencapaian gizi seimbangnya, untuk proses pemahaman pada anak usia dini mengenai pentingnya gizi seimbang bagi kebutuhannya pun juga harus mempunyai konsep makan yang jelas serta pemahaman tentang gizi baik yang dikonsumsi sesuai usiannya. Perilaku makan anak sangat dipengaruhi dari bagaimana kebiasaan makan setiap harinya dan keadaan psikologisnya. Memberikan pemahaman pada anak harus dimulai sejak anak dikenalkan berbagai makanan yang sehat untuk tubuh, tidak membahayakan, serta mempunyai kandungan baik. Peran keluarga, orang tua, dan guru menjadi faktor utama dalam berupaya mengenalkan serta meningkatkan pemahaman gizi seimbang pada anak sejak dini. Peningkatan pemahaman gizi seimbang ini sangat penting diterapkan sejak usia dini karena pada fase usianya anak lebih mudah menyerap informasi yang baru mereka ketahui, dan juga sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak melalui makanan yang dikonsumsi secara baik dan sehat.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan profil tingkat pemahaman gizi seimbang anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorgo, dan 2) Untuk mendeskripsikan metode guru dalam meningkatkan pemahaman gizi seimbang pada anak usia dini di TK Muslimat NU 00 Ponorgo.
Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengikuti konsep yang ditemukan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : (1) Profil tingkat pemahaman gizi seimbang anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo, yaitu menganalisis bahwa upaya dalam meningkatkan pemahaman gizi seimbang pada anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo dapat di kategorikan baik, hal ini ditujukan dengan adanya kegiatan makan bersama, anak dapat membiasakan perilaku makan dengan baik, anak selalu difasilitasi menu makanan yang sehat, anak disiplin mematuhi arahan guru dengan makan makanan yang sehat dan terselenggaranya program makan bersama di lembaga TK Muslimat Nu 001 Ponorogo.
(2) Metode guru meningkatkan pemahaman gizi seimbang anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo, sebagaimana yang digunakan adalah metode bercerita untuk pengenalan gizi, keteladanan agar anak mencontoh kebiasaan makan dengan baik, demonstrasi keebasan anak untuk eksplorasi terhadap makanan yang baru diketahui oleh anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muafiah Evi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2021 02:24
Last Modified: 08 Jun 2021 02:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15544

Actions (login required)

View Item View Item