..(LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Dukungan Orangtua Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran Daring di MI Miftahul Huda Sukolilo Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun

Himmah, Ikrima Faiqotul (2021) ..(LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Dukungan Orangtua Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran Daring di MI Miftahul Huda Sukolilo Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IKRIMA F.H..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Himmah, Ikrima Faiqotul. 2021. Pengaruh Dukungan Orangtua terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas IV dalam pembelajaran daring di MI Miftahul Huda Sukolilo Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ulum Fatmahanik, M.Pd.

Kata Kunci: Dukungan Orangtua, Konsentrasi Belajar, dan Pembelajaran Daring
Konsentrasi belajar merupakan pemusatan pikiran terhadap suatu hal atau pelajaran dengan menyampingkan hal lainnya yang tidak berhubungan, konsentrasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Orangtua merupakan salah satu faktor eksternal yang turut mempengaruhi konsentrasi belajar siswa. Di MI Miftahul Huda Sukolilo Jiwan Madiun kelas IV ditemukan rendahnya konsentrasi belajar siswa disebabkan karena kurangnya keterlibatan orangtua dalam mendukung anaknya belajar. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa siswa yang tidak mengumpulkan tugas harian.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dukungan orangtua kelas IV dalam pembelajaran daring di MI Miftahul Huda Sukolilo Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun, (2) Untuk mengetahui konsentrasi belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran daring di MI Miftahul Huda Sukolilo Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun, (3) Untuk mengetahui pengaruh dukungan orangtua terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa MI kelas 4 dalam pembelajaran daring di MI Miftahul Huda Sukolilo Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV MI Miftahul Huda Sukolilo Jiwan Madiun yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara dan teknik dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas IV sebanyak 37 responden. Adapun teknik analisis data menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana.
Hasil analisis data ditemukan: (1) Dukungan orangtua kelas IV di MI Miftahul Huda Sukolilo Jiwan Madiun dalam kategori tinggi dengan frekuensi sebanyak 8 siswa dengan persentase 21%, dalam kategori sedang dengan frekuensi sebanyak 22 siswa dengan persentase 60% dan dalam kategori rendah sebanyak 7 siswa dengan presentase 19%. (2) Tingkat konsentrasi belajar siswa MI kelas 4 dalam kategori tinggi dengan frekuensi sebanyak 8 siswa dengan persentase 22%, dalam kategori sedang dengan frekuensi sebanyak 25 siswa dengan persentase 67% dan dalam kategori rendah sebanyak 4 siswa dengan presentase 11%. (3) Berdasarkan uji nilai signifikasi (Sig) dengan ketentuan jika nilai Sig < 0,05. Berdasarkan tabel Anova diperoleh nilai Sig. 0,025, jadi hipotesis nol ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara dukungan orangtua terhadap konsentrasi belajar siswa kelas VI di MI Miftahul Huda Sukolilo Jiwan Madiun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2021 02:24
Last Modified: 08 Jun 2021 02:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15541

Actions (login required)

View Item View Item