KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS GURU MADRASAH IBTIDAIYAH PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN BELOTAN MAGETAN

MASNGUDI, ABDUL KARIM (2021) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS GURU MADRASAH IBTIDAIYAH PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN BELOTAN MAGETAN. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
502190049_ABDUL KARIM MASNGUDI_MPI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Setiap pekerja dituntut untuk produktif dalam bekerja tak terkecuali dibidang pendidikan, guru merupakan salah satu pekerja pendidikan. produktivitas guru dapat diketahui dari pelaksanaan tugas-tugas yang dibebankan berdasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta penggunaan waktu yang digunakan. Produktivitas guru tak lepas dari suasana lingkungan, sarana prasarana dan kepemimpinan kepala madrasah. Kepemimpinan yang efektif akan mampu meningkatkan tingkat produktivitas guru dan kualitas madrasah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi kepemimpinan, gaya dan model kepimpinan serta tingkat produktivitas guru. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan yang terakhir adalah verifikasi data dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah menggunakan strategi 5 lima langkah, yakni 1). membuat dan menetapkan visi misi madrasah serta aturan dan tata tertib, 2). menjalin kebersamaan guru dalam mewujudkan perangkat pembelajaran yang baik dan berkualitas, 3). pemberian contoh dan teladan dalam sikap dan pelaksanaan tugas, 4). menumbuhkan rasa kekeluargaan, suasana kondusif dan harmonis di Madrasah, 5). memotivasi dan melibatkan guru dalam program pengembangan berupa pendelegasian mengikuti seminar atau pelatihan. Gaya kepemimpinan yang diterapkan adalah gaya kepemimpinan demokratis dengan indikator berupa 1). menerapkan pendekatan dua arah, terbuka terhadap pendapat, keputusan merupakan hasil kesepakatan bersama, 2). Mendorong partisipasi dan keterlibatan anggota, pendelegasian dalam program pengembangan dan kontrol terhadap capaian kinerja, 3). menghargai ide dan kreatifitas, melibatkan semua komponen dalam membuat opini baru.
Dari strategi dan gaya kepemimpinan yang dijalankan, terlihat adanya peningkatan produktivitas guru ditandai dengan adanya peningkatan pengetahuan dan penguasaan media pengajaran, kelengkapan perangkat pembelajaran, keikut sertaan dalam program pengembangan berupa E-Learning, webinar, zoom meeting serta berbagai inovasi pembelajaran selama pendemi.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: MUHAMMAD THOYIB
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2021 02:21
Last Modified: 08 Jun 2021 02:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15539

Actions (login required)

View Item View Item