STRATEGI PEMBERDAYAAN SANTRI BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH MANGUSUMAN SIMAN PONOROGO

Amin, Amirul (2021) STRATEGI PEMBERDAYAAN SANTRI BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH MANGUSUMAN SIMAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
211217053_AMIRUL AMIN_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Amirul Amin 2021. Strategi pemberdayaan santri berbasis kewirausahaan di pondok pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Skripsi Jurusan manajemen pendidikan islam fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan institut agama islam negeri (IAIN) Ponorogo.
Kata kunci: pemberdayaan, santri, kewirausahaan,
Pondok pesantren Al-Barokah mangusuman siman ponorogo adalah salah satu Yayasan yang berbasis wirausaha, yang mana tidak hanya fokus di bidang pendidikan agama saja akan tetapi juga diajarkan untuk berwirausaha agar para santri setelah keluar dari pondok dapat mandiri dan memiliki keterampilan. Pondok pesantren Al-Barokah Ponorogo selalu meningkatkan kemampuan santri sehingga santri dapat memahami tidak hanya secara materi tetapi juga secara praktik dan dalam pengaplikasiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemberdayaan santri berbasis kewirausahaan di pondok pesantren Al-Barokah dalam rangka meningkatkan potensi para santri yang telah mereka miliki. Adapun permasalahan yang dibahas yaitu 1) Apa saja unit-unit usaha yang ada di Pondok Pesantren Al-Barokah? 2) Bagaimana proses pemberdayaan santri yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Al- Barokah? 3) Bagaimana dampak pemberdayaan pada kemampuan kewirausahaan santri Pondok Pesantren Al-Barokah?
Jenis Penelitian merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di pondok pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara secara mendalam dengan wawancara secara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini 1) Pondok pesantren Al-Barokah memiliki 5 unit usaha diantaranya yang pertama koperasi Al-Barokah, kedua,biro umroh Al-Barokah, ketiga ud. Jati Kusuma, keempat, air minum isi ulang Al-Barokah, dan yang kelima, pengelasan. 2) Strategi yang dilakukan pondok pesantren Al-Barokah dalam pemberdayaan santri berbasis kewirausahaan melalui upaya pertama, menciptakan suasana iklim yang dapat mengembangkan potensi santri melalui penyadaran bahwa santri memiliki potensi dan bakat yang bisa dikembangkan. Kedua, memperkuat potensi yang telah dimiliki santri dengan menyediakan sarana dan prasarana untuk kegiatan kewirausahaan serta mengundang pelatih yang ahli dibidangnya. Ketiga, meningkatkan potensi santri dengan menerapkan peraturan untuk mewajibkan santri mengikuti kegiatan kewirausahaan. Akan tetapi santri ditempatkan pada bidang sesuai dengan kemampuan. 3) Manfaat pemberdayaan santri berbasis kewirausahan terdapat dua aspek yatiu pertama, manfaat dari aspek ekonomi persoalan masyarakat yang miskin dikarenakan tidak mempunyai modal membuka sebuah usaha. Dengan intervensi pendampingan, maka memungkinkan mereka untuk memobilisasi tabungan kelompok yang digunakan untuk modal usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: WAHID HARIYANTO
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2021 02:21
Last Modified: 08 Jun 2021 02:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15538

Actions (login required)

View Item View Item