STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KONSENTRASI BERPIKIR DAN BERBUAT ANAK USIA DINI DI TK MUSLIMAT NU 001 PONOROGO

Rosdiana, Elva (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KONSENTRASI BERPIKIR DAN BERBUAT ANAK USIA DINI DI TK MUSLIMAT NU 001 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_211117014_ELVA ROSDIANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

ROSDIANA, ELVA. 2021. Strategi Guru dalam Mengembangkan Konsentrasi Berpikir dan Berbuat Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I.
Kata kunci : Konsentrasi berpikir dan berbuat, Strategi Guru, Anak usia dini
Perkembangan metakognitif, artinya pengetahuan atau kesadaran seorang tentang kognisinya sendiri serta kemampuan proses kognisinya. Untuk mengembangkan kemampuan metakognitif anak, maka memerlukan stimulus seperti melatih konsentrasi berpikir dan berbuat anak. Konsentrasi berpikir dan berbuat ialah pemusatan pikiran dalam menyelesaikan masalah diwujudnya dengan tindakan oleh anak. Dengan demikian metakognitif anak berkembang. Di TK Muslimat NU 001 Ponorogo terdapat berbagai permasalahan disebabkan beberapa faktor yang mempengaruhi konsentrasi berpikir dan berbuat anak sehingga anak kurang konsentrasi berpikir dan berbuat, kurang minat berpikir dan berbuat serta kurang aktif berpikir dan berbuat. Oleh karena itu, diperlukan strategi guru dalam mengembangkan konsentrasi berpikir dan berbuat anak usia dini.
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan tentang profil konsentrasi berpikir dan berbuat anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo dan; 2) mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan konsentrasi berpikir dan berbuat anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, adapun jenis penelitian ini menggunakan studi kasus dengan teknik pengambilan data melalui observasi dan wawancara selebihnya tambahan data seperti dokumen. Teknik analisis penelitian ini menggunakan teori Miles dan Huberman dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) perkembangan konsentrasi berpikir dan berbuat di TK Muslimat NU 001 Ponorogo pada kelas A5 mayoritas berkembang sesuai harapan dengan baik; 2) strategi guru dalam mengembangkan konsentrasi berpikir dan berbuat anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo ialah strategi bercerita, bermain dan strategi demonstrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2021 02:10
Last Modified: 08 Jun 2021 02:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15529

Actions (login required)

View Item View Item