Pola Komunikasi Dalam majlis Taklim Muslimat NU Desa Mojo, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi

Islami, Anissa Nur (2021) Pola Komunikasi Dalam majlis Taklim Muslimat NU Desa Mojo, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi anissa.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Islami, Anissa Nur. 2020. Pola Komunikasi Muslimat NU dalam Melestarikan Majelis Taklim (Studi Kasus di Desa Mojo, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmad Choirul Rofiq, M.Fil.I.

Kata Kunci: Pola Komunikasi, Muslimat NU, Majelis Taklim.

Majelis taklim Muslimat NU ini merupakan majelis taklim terbesar dan yang paling lama berdiri di antara majelis taklim yang ada di Desa Mojo Kecamatan Bringin, dan menjadi cikal bakal salah satu dari beberapa majelis taklim yang ada di Desa Mojo. Salah satunya adalah jamaah yasin Baiturahman, Majelis taklim merupakan lembaga non formal sebagai wadah pengajian masyarakat. Di dalam majelis taklim Muslimat NU ini terdapat pelatihan membaca tahlil dan yasin, maka dari sinilah komunikasi antara ustadz/ustadzah dengan para jamaah terjadi. Seorang ustadzah menjadi komunikator (penyampai pesan) dan para jamaah sebagai komunikan (penerima pesan).
Oleh karenanya penelitian ini merumuskan masalahnya dan tujuan hendak menjelaskan: (1) komunikasi antarpribadi yang terjadi dalam majelis taklim Muslimat NU Desa Mojo, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi, (2) komunikasi kelompok yang terjadi dalam majelis taklim Muslimat NU Desa Mojo, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu menganalisis proses pola komunikasi yang dilakukan penceramah kepada jamaahnya dalam kegiatan majelis taklim. Peneliti mendapatkan data tersebut dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Komunikasi antarpribadi antara ustadz dan jamaah dalam majelis taklim Muslimat NU Desa Mojo pada saat kegiatan Tilawatil Quran sangatlah membantu bagi para remaja untuk mempelajari makhroj dengan benar. Timbal balik proses pengajaran tersebut terjadi pada saat itu juga. (2) Adapun komunikasi kelompok majelis taklim Muslimat NU Desa Mojo terjadi saat kegiatan ceramah agama dan juga kegiatan kajian kitab kuning. Proses kegiatan tersebut lebih tepat menggunakan pola komunikasi kelompok yang diklasifikasikan ke dalam kelompok kecil, dengan mengikuti pola aliran lingkaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Choirul Rofiq
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 07:50
Last Modified: 07 Jun 2021 07:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15524

Actions (login required)

View Item View Item