..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Eksistensi Remaja dan Pendidikan Karakter Perspektif Al-Qur'an Surat Yusuf Ayat 58-62 & Thomas Lickona

Sundari, Tia (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Eksistensi Remaja dan Pendidikan Karakter Perspektif Al-Qur'an Surat Yusuf Ayat 58-62 & Thomas Lickona. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316161_TIA SUNDARI E-THESES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sundari, Tia. 2021. “Eksistensi Remaja dan Pendidikan Karakter Perspektif Al-Qur’an Surat Yusuf Ayat 58-62 & Thomas Lickona”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Mukhlison Effendi, M.Ag.

Kata Kunci: Eksistensi Remaja, Pendidikan Karakter, surat Yusuf, dan Thomas Lickona,.

Beragam kerusakan dan kerugian akibat perlakuan remaja yang menyimpang. Penyimpangan yang dilakukan oleh remaja baik perorangan ataupun kelompok diantaranya adalah perkelahian, sikap seperti tanpa aturan, hilangnya rasa hormat serta tanggung jawab, penyalah gunaan narkotika, pergaulan bebas dan lain sebagainya. Tidak hanya orang tua saja yang khawatir terkait hal tersebut, namun pemerintah dan masyarakat luas merasa resah akan peristiwa yang sedang terjadi. Dalam hal tersebut, penulis beranggapan bahwa kerusakan yang terjadi bermula dari kurangnya pemahaman akan eksistensi. Eksistensi sendiri merupakan keberadaan suatu senyawa. Oleh sebab itu, penulis ingin melakukan kajian dengan judul eksistensi remaja dan pendidikan karakter perspektif al-Qur’an surat Yusuf ayat 58-62 & Thomas Lickona
Kajian ini bertujuan untuk (1) mengetahui lebih dalam terkait eksistensi remaja dan pendidikan karakter menurut al-Qur’an surat Yusuf ayat 58-62, (2) mengetahui eksistensi remaja dan pendidikan karakter menurut Thomas Lickona, (3) mengetahui perbedaan ataupun persamaan dari perspektif al-qur’an surat Yusuf ayat 58-62 dengan Thomas Lickona.
Metode yang digunakan dalam melakukan kajian ini adalah kajian kepustakaan. Hasil penelitian didapatkan dari mengumpulkan data yang berkenaan dengan eksistensi remaja, tafsir surat Yusuf ayat 58-62, serta pemikiran Thomas Lickona tentang pendidikan kararakter. Eksistensi remaja adalah semua bentuk perilaku ataupun tindakan yang dilakukan oleh remaja agar keberadaannya diakui atau dilihat bahkan dinilai oleh orang lain. Pendidikan karakter merupakan suatu hal pokok yang dijadikan dasar seorang individu agar dapat menjalankan hidup yang baik dan dapat menyikapi masalah kehidupan dengan cara yang baik. Pendidikan karakter menjadikan seorang individu dapat bertahan dengan beragam keadaan dan menghadapi tekanan dengan baik sehingga mampu menciptakan kualitas diri yang baik.
Berdasarkan kajian yang dilakukan oleh penulis, terdapat beberapa karakter yang disebutkan oleh Thomas Lickona dalam surat Yusuf ayat 58-62. Karakter tersebut diantaranya adalah, pemaaf, sabar, tanggung jawab, dermawan, serta adil dan seimbang. Maka seorang remaja hendaknya menerapkan karakter tersebut dalam keseharian di lingkungan keluarga, sekolah, serta masyarakat. Dengan menerapkan karakter tersebut, maka kerusakan serta kerugian akibat penyimpangan yang dilakukan oleh kelompok remaja akan berkurang bahkan tidak terjadi lagi. Maka, orang tua dan guru perlu mengajarkan serta mengarahkan agar remaja dapat menyadari eksistensinya dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 08:10
Last Modified: 07 Jun 2021 08:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15520

Actions (login required)

View Item View Item