Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar PAI Kelas X SMAN 1 Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Majid, Noer Kholis (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar PAI Kelas X SMAN 1 Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316344_NOER KHOLIS MAJID_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring majunya tegnologi saat ini, pembelajaran terus mengalami perkembangan. Pada dasarnya pembelajaran merupakan suatu upaya untuk membantu peserta didik agar dapat tumbuh dan berkembang dalam pendidikan. Adapun dalam peningkatan mutu pendidikan perlu efisiensi pendidikan yang berarti proses pendidikan harus mencapai hasil yang maksimal dengan biaya yang wajar. Mutu pendidikan di lembaga pendidikan dapat diketahui salah satunya melalui hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Rendah maupun tingginya hasil belajar peserta didik dapat dipengaruhi oleh faktor intern salah satunya adalah minat belajar dan faktor ekstern salah satunya adalah strategi pembelajaran. Bertolak dari latar belakang tersebut, peneliti bermaksud mengadakan penelitian untuk menguji dan membuktikan secara statistik tentang pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar PAI kelas X tahun pelajaran 2019/2020 dengan rumusan masalah: apakah strategi pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar PAI kelas X SMAN 1 Jenangan Ponorogo, apakah minat belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar PAI kelas X SMAN 1 Jenangan Ponorogo serta apakah strategi pembelajaran dan minat belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar PAI kelas X SMAN 1 Jenangan Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan adakah pengaruh strategi pembelajaran pada mata pelajaran PAI terhadap hasil belajar kelas X, minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI terhadap hasil belajar kelas X serta strategi pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar PAI kelas X SMAN 1 Jenangan Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana dalam pengumpulan data di lapangan peneliti menyebarkan instrumen angket ke seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Jenangan. Selain itu, peneliti mendokumentasikan nilai UAS mata pelajaran PAI tahun pelajaran 2019/2020 yang selanjutnya akan dideskripsikan dan dianalisis serta menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI kelas X SMAN 1 Jenangan Ponorogo. Hal terbukti bahwa R Square menunjukkan prosentase 33,1% dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 dan thitung sebesar 6,053. (2) Minat belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI kelas X SMAN 1 Jenangan Ponorogo. Hal terbukti bahwa R Square menunjukkan prosentase 29,8 % dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 dan thitung sebesar 5,611. (3) Strategi pembelajaran dan minat belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI kelas X SMAN 1 Jenangan Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. Hal terbukti bahwa R Square menunjukkan prosentase 40,4 % dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 dan thitung strategi pembelajaran sebesar 3,599 serta thitung minat belajar siswa sebesar 2,992.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 07:38
Last Modified: 07 Jun 2021 07:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15519

Actions (login required)

View Item View Item