Impelementasi Metode Pembelajaran Group Resume pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X di SMKN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Salma, Nabila (2021) Impelementasi Metode Pembelajaran Group Resume pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X di SMKN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317321_NABILA SALMA_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salma, Nabila. 2021. “Implementasi Metode Pembelajaran Group Resume pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X di SMKN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Erwin Yudi Prahara, M.Ag.
Kata Kunci : Implementasi metode Group Resume, metode Group Resume
Berbagai inovasi telah dilakukan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya dengan penggunaan metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Namun guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekertai saat ini pembelajarannya menggunakan metode ceramah. Kendatipun metode ceramah memiliki kelebihan untuk peserta didik dalam jumlah besar, namun untuk peserta didik jumlah kecil menjadi kurang efektif. Ketahanan peserta dalam mengikuti pembelajaran hanya mampu maksimal 25 menit. Jika penggunaan metode ceramah dipertahankan yang akan terjadi adalah kelelahan psikhologis yang berdampak pada berkurangnya konsentrasi dalam mengkuti pembalajaran. Alternatif metode pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa oleh guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah Group Resume. Menurut teori yang disampaikan oleh Tokoh Sonya dari Jurnal Linear yang mengatakan bahwa Group Resume memiliki kelebihan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik hingga mencapai taraf ketuntasan belajar. Akan tetapi hasil belajar yang diperoleh siswa setelah digunakannya metode Group Resume belum memperoleh hasil belajar yang maksimal. Oleh karena itu, Implementasi metode Group resume yang digunakan untuk mengantar materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekertai perlu dikaji ulang.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui implementasi metode Group Resume pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X di SMKN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 20202/2021 (2) Dampak penggunaan metode Group Resume pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X di SMKN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 20202/2021.
Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian kali ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deksriptif dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus (case study). Serta dilaksanakan di SMKN 1 Ponorogo. Ada 5 guru PAI dan 2 siswa yang dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data.
Berdasarkan analisis data dapat ditemukan bahwa : (1) Metode pembelajaran Group Resume ini merupakan salah satu metode pembelajaran yang menekankan pada resum (hasil) kerja kelompok. Pada saat pembelajaran langsung atau luring SMKN 1 Ponorogo menerapkan metode Group Resume dilakukan normal seperti biasa mengikut prosedur yang berlaku tetapi saat evaluasi dilakukan secara daring lewat platform yang sudah disediakan guru dan tetap dengan bimbingan guru. Dilihat dari hasil belajar siswa, kemampuan siswa cenderung mengalami peningkatan dan bukan hanya berpengaruh langsung pada kognitif saja tetapi juga berpengaruh dalam ranah afektif dan psikomotor siswa. (2) Dampak positif dari penggunaan metode ini yaitu siswa lebih mudah dalam memahamai pelajaran karena merekalah yang berperan dalam menggali materi selain itu bisa melatih mental dan jiwa sosial siswa. Dampak negatif dari penggunaan metode ini adalah penggunaan waktu yang boros sehingga memakan banyak waktu dan kurangnya tingkat pemerataan keaktifan siswa sehingga siswa terkadang masih mengekor pada keputusan teman yang lebih aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:18
Last Modified: 07 Jun 2021 06:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15509

Actions (login required)

View Item View Item