PENGARUH PEMBIASAAN BARU PANDEMI COVID-19 DAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PAI DAN BUDI PEKERTI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMPN 1 SIMAN PONOROGO TAHUN AJARAN 2020/2021

Riyana, Erni Efa (2021) PENGARUH PEMBIASAAN BARU PANDEMI COVID-19 DAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PAI DAN BUDI PEKERTI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMPN 1 SIMAN PONOROGO TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317234_ERNI EFA RIYANA_E-THESES.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Riyana, Erni Efa. 2021. Pengaruh Pembiasaan Baru Pandemi Covid-19 dan Model Pembelajaran Blended Learning PAI dan Budi Pekerti Terhadap Minat Belajar Siswa di SMPN 1 Siman Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi.Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I
Kata Kunci: Pembiasaan Baru Pandemi Covid-19, Model Pembelajaran Blended Learning PAI, Minat Belajar Siswa.
Masa pembiasaan baru pandemi covid-19 seperti ini haruslah siswa meningkatkan minat belajarnya agar tidak tertinggal ilmu pengetahuan terutama mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti.Berbicara mengenai realita sekarang, masih banyak ditemukan siswa yang kurang berminat belajar di masa pandemi covid-19 dan kurangnya tanggung jawab akan tugas yang diberikan oleh guru. Justru mereka tidak menggunakan waktunya sebaik mungkin untuk belajar.Dari hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti,melalui observasi ke sekolah saat melakukan magang 2 diperoleh hasil bahwa banyak anak-anak yang mengabaikan tugas secara daring dan mengabaikan guru ketika menjelaskan materi PAI dan Budi Pekerti.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh pembiasaan baru andemic covid-19 terhadap minat belajar siswa di SMPN 1 Siman PonorogoTahun ajaran 2020/2021; (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learningPAI terhadap minat belajar siswa di SMPN 1 Siman PonorogoTahun ajaran 2020/2021; (3) mengetahuipengaruh yang signifikan antara pembiasaan baru pandemi covid-19 dan model pembelajaran blended learningPAI terhadap minat belajar siswa di SMPN 1 Siman PonorogoTahun ajaran 2020/2021.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka.Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa di SMPN 1 Siman Ponorogo yang minat belajarnya masih kurang, yaitu sejumlah 292siswa.Adapun sampel yang diambil oleh peneliti adalah 75 responden.Instrumen pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda 2 variabel.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa: (1) Pembiasaan baru pandemi covid-19 berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa di SMPN 1 Siman Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021, dengan nilai Sig.-nya (P-value) sebesar 0,000< α (0,05) maka tolak H0dengan prosesntase 61,3%;(2) Model pembelajaran blended learning PAI dan Budi Pekerti berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa di SMPN 1 Siman Ponorogo, dengan nilai Sig. (P-value) sebesar 0,000< α (0,05) maka tolak H0, dengan prosentase82,9%;(3) Pembiasaan baru pandemi covid-19 dan model pembelajaran blended learning PAI dan Budi Pekerti berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa di SMPN 1 Siman Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021, dengan nilai Sig.-nya (P-value) sebesar 0,000 < α (0,05), maka tolak H0 , dengan prosentase74,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 05:22
Last Modified: 07 Jun 2021 05:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15504

Actions (login required)

View Item View Item