Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Pohon Sengon di Desa Klepu Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo

Wulandari, Rini (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Pohon Sengon di Desa Klepu Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210214203_RINI WULANDARI_HUKUM EKONOMI SYARI'AH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Wulandari, Rini. 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Pohon Sengon di Desa Klepu Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Fakultas Syari’ah Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Moh. Munir, Lc., M.Ag.

Kata Kunci: Jual beli, pohon sengon.
Dalam kehidupan sehari-hari masih banyak jual beli yang dilakukan untuk
memperoleh kemudahan tanpa mengetahui apakah jual beli itu sudah sesuai dengan Hukum Islam ataukah bertentangan. Sebagaimana jual beli yang dilakukan masyarakat Desa Klepu Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo merupakan jual beli yang dilakukan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan obyek pohon sengon dimana pemilik pohon selaku penjual memasarkan atau menawarkan kepada pembeli yang merupakan warga sekitar yang memiliki usaha meubelair atau sebagai pengepul kayu untuk dijual kembali. Dalam melakukan transaksi jual beli, penjual hanya menunjukkan obyek jual beli kemudian pembeli akan melihat dan memperkirakan harga dari obyek pohon sengon yang dijual. Setelah terjadi kesepakatan pohon sengon yang sudah di beli tidak langsung di tebang tetapi di tangguhkan yang mana waktu penebangan menjadi hak dari pembeli pohon sengon. Berawal dari masalah tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai ”Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Pohon Sengon di Desa Klepu, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo”.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap akad jual beli pohon sengon di Desa Klepu, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap kualitas obyek jual beli pohon sengon di Desa Klepu, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu dengan menggunakan metode kualitatif lapangan. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan penulis adalah metode interaktif dengan pendekatan Hukum Islam.
Dapat disimpulkan bahwa: akad jual beli pohon sengon di Desa Klepu Kecamatan Sooko itu diperbolehkan menurut hukum Islam, karena syarat aqid, shighat dan ma’uqud ‘alaih sudah terpenuhi, sedangkan analisis terhadap kualitas obyek jual beli pohon sengon di Desa Klepu Kecamatan Sooko juga diperbolehkan menurut hukum Islam, karena penaksiran dan pengukuran kualitas mampu dilakukan secara langsung, apabila obyek jual beli dikemudian hari pada saat proses tebang ditemukan cacat maka sudah dimaklumi kedua belah pihak sebagai risiko jual beli.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Munir
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 05:24
Last Modified: 07 Jun 2021 05:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15498

Actions (login required)

View Item View Item