Penerapan Kompetensi Profesional Guru (Keterampilan Dasar Mengajar) pada Pembelajaran Tematik Kelas III di MI Al-Azhar Madiun Tahun Ajaran 2020/2021

Ummah, Nabila Kuntum Khoiro (2021) Penerapan Kompetensi Profesional Guru (Keterampilan Dasar Mengajar) pada Pembelajaran Tematik Kelas III di MI Al-Azhar Madiun Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617218 A5 NABILA KUNTUM K. U PERPUSTAKAAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kuntum Khoiro Ummah, Nabila. 2021. Penerapan kompetensi professional (keterampilan dasar Mengajar) pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 Di MI Al-Azhar Madiun Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Hanin Niswatul Fauziah, M.Si.
Kata Kunci : Penerapan kompetensi profesional, keterampilan dasar mengajar, pembelajaran tematik.
Dalam sebuah pembelajaran Seorang guru harus menguasai keterampilan dalam berbagai gaya mengajar dan harus sanggup menjalankan berbagai perannya, artinya bahwa seorang guru harus menguasai berbagai keterampilan mengajar untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan inovatif.
Dengan menguasai keterampilan dasar mengajar, guru dapat melaksanakan tugasnya sebagai guru profesional dalam mengembangkan potensi peserta didik agar dapat tercapainya tujuan pendidikan. Guru yang berkompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan mampu dalam pengelolaan kelasnya, sehingga hasil belajar siswa dapat tercapai secara optimal.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan tentang bagaimana Penerapan Kompetensi Profesional Guru (keterampilan Dasar Mengajar) pada Mata Pembelajaran Tematik kelas III di MI Al-Azhar Madiun (2) untuk mendeskripsikan kendala guru dalam Menerapkan kompetensi profesional Guru (keterampilan dasar mengajar) pada Mata Pembelajaran Tematik kelas 3 di MI Al-Azhar Madiun.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis datanya peneliti menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara keseluruhan guru telah menerapkan keterampilan dasar mengajar dengan baik. Dalam menerapkan keterampilan membuka dan menutup pelajaran guru telah melaksanakan presensi, motivasi, dan menyimpulkan pelajaran. Pada keterampilan menjelaskan guru sudah menjelaskan dengan kalimat jelas dan sederhana. Pada keterampilan bertanya guru sudah menyebar pertanyaan untuk peserta didik. Pada keterampilan memberi penguatan guru menerapkan dengan menggunakan penguatan verbal dan non-verbal. Pada keterampilan mengadakan variasi guru sudah baik. Guru sudah melaksanakan keterampilan mengelola kelas dengan tanggap ketika terjadi kekacauan di kelas. Kemudian pada keterampilan menutup pelajaran guru memberikan kesimpulan pembelajaran.(2) kendala yang dihadapi guru pada saat menerapkan Keterampilan Dasar Mengajar ialah berasal dari faktor internal yaitu guru itu sendiri, dan faktor eksternal yaitu berasal dari kurang tersedianya fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap di Sekolah, serta kendala yang disebabkan oleh karakteristik peserta didik yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 04:08
Last Modified: 07 Jun 2021 04:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15491

Actions (login required)

View Item View Item