Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pendapatan Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Dalam Pembiayaan Mudarabah Di BRI Syariah KCP Ponorogo

Pranoto, Fransisco Dwi (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pendapatan Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Dalam Pembiayaan Mudarabah Di BRI Syariah KCP Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210214193_FRANSISCO DWI PRANOTO_HES (Hukum Ekonomi Syariah).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Dwi Pranoto, Fransisco, 2021, Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pendapatan Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Dalam Pengajuan Pembiayaan Mud}a>rabah di BRI Syariah KCP Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Dosen Pembimbing. Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Bagi Hasil, Minat
Dalam perkembangan Lembaga keuangan syari’ah khususnya BRI Syariah tidak terlepas dari adanya minat nasabah dalam menggunakan jasanya. Minat tersebut diantaranya di pegaruhi oleh kualitas layanan dan bagi hasil. Kualitas layanan dapat diartikan sebagai seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan pelanggan atas layanan yang mereka terima. Jika kenyataannya lebih dari yang di harapkan maka layanan dapat dikatakan berkualitas. Begitu pula dalam proses penentuan bagi hasil diperlukan kesepakatan kedua belah pihak. Dalam pelayanan yang diberikan tidak di jelaskan bagaimana prosedur pembiayaan terkait pembacaan akad perjanjian, serta bagi hasil yang di berikan di tetapkan begitu saja oleh pihak BRI Syariah sehingga mau tidak mau nasabah harus mematuhi segala peraturan yang telah ditetapkan.
Berdasarkan latar belakang di atas dapat ditarik rumusan masalah sebagai berikut: (1) Apakah kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dalam pengajuan pembiayaan mud}a>rabah di Bank BRI Syariah Ponorogo. (2) Apakah bagi hasil berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dalam pengajuan pembiayaan mud}a>rabah di Bank BRI Syariah Ponorogo. (3) Apakah kualitas layanan dan bagi hasil berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dalam pengajuan pembiayaan mud}a>rabah di Bank Syariah Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Penelitian ini mengambil sampel Sebagian nasabah Bank BRI Syariah KCP Ponorogo yang menggunakan produk pembiayaan mud}a>rabah yang berjumlah empat puluh orang. Adapaun Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dengan nilai thitung>ttabel sebesar 8,096 > 2,021 dan bagi hasil juga berpengaruh signifikan sebesar 5,250 > 2,021. Begitu pula secara simultan variabel independent (kualitas layanan dan bagi hasil) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (minat) dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 40,372 > 4,08.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 03:46
Last Modified: 07 Jun 2021 03:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15487

Actions (login required)

View Item View Item