Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kecerdasan Logis-Matematis Anak Uia Dini Di TK Al-Hasan Kedungpanji Lembeyan Magetan

Istiqomah, Hasna' (2021) Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kecerdasan Logis-Matematis Anak Uia Dini Di TK Al-Hasan Kedungpanji Lembeyan Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211117018 HASNA' ISTIQOMAH PIAUD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peran guru memiliki pengaruh terhadap tingkat hasil belajar anak. Dari beberapa peran guru ada salah satunya yaitu peran guru sebagai motivator. Peran guru sebagai motivator adalah peran guru berupa memberikan dorongan atau dukungan agar anak lebih giat mengerjakan tugas yang menjadi tanggung jawab setiap individu. Kecerdasan logis matematis adalah salah satu dari delapan kecerdasan yang dikemukakan oleh Howard Gadner. Kecerdasan logis-matematis sendiri adalah kemampua yang dimiliki anak dalam hal matematika, seperti berhitung, mengenal bangun ruang, membandingkan ukuran, dan lain sebagainya. Di TK Al-Hasan Kedungpanji bahwasannya masih terdapat anak yang kesulitan dalam hal-hal yang berkaitan dengan kecerdasan logis-matematis seperti berhitung, mengenal bangun ruang, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan logika-matematika. Hal ini diharapkan guru sebagai motivator dapat memberikan arahan untuk tetap bisa mengasah kecerdasan logis-matematisnya. Sehingga anak tidak hanya sekedar mengerjakan perintah guru saja.
Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui kecerdasan logis matematis siswa di TK Al-Hasan Kedungpanji Lembeyan Magetan (2) mengetahui langkah-langkah guru dalam memberikan motivasi siswa untuk meningkatakan kecerdasan logis matematis siswa di TK Al-Hasan Kedungpanji Lembeyan Magetan (3) mengetahui hasil peningkatan kecerdasan logis matematis siswa di TK Al-Hasan Kedungpanji Lembeyan Magetan
Skripsi ini disusun berdasarka data yang ada dilapangan yaitu mengunakan metode penelitian kualitatif dengan lokasi di TK Al-hasan Ponorogo. Penelitian ini dilakukan pada akhir februari sampai akhir maret 2021. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan teknik analisi data Milles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kecerdasan logis-matematis anak usia dini di TK Al-Hasan Kedungpanji sudah mulai berkembang, namun ada beberapa anak yang belum berkembang dengan baik dan masih membutuhkan bimbingan 2) langkah-langkah guru dalam memberikan motivasi kepada anak usia dini di TK Al-Hasan Kedungpanji untuk meningkatkan kecerdasan logis-matematisnya: a) memberkan motivasi ketika mengawali kegiatan pembelajaran. b) pendidik harus dalam kondisi bersemangat c) menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan d) guru melibatkan diri membantu siswa dalam belajar e) menggunakan metode yang beragam. 3) kecerdasan logis-matematis anak usia dini di TK Al-Hasan kedungpanji setelah diberi motivasi hasilnya anak lebih cepat belajar matematika karena guru memberikan dukungan dan dorongan supaya anak berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik, dari media yang disediakan guru juga dalam pembelajaran dapat mengasah kreatifitas anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 03:21
Last Modified: 07 Jun 2021 03:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15481

Actions (login required)

View Item View Item