Implementasi School From Home Metode Home Visit Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Di MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo)

Kusumaningrum, Ayu (2021) Implementasi School From Home Metode Home Visit Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Di MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210617188-AYU KUSUMA-PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kusumaningrum, Ayu. 2021.Implementasi School From Home Metode Home Visit
dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus di MI
Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi
Rohmah, M.Pd.I.
Kata Kunci: Home Visit, Meningkatkan, Motivasi Belajar
Pemerintah telah melakukan berbagai macam upaya dalam memutus
rantai penyebaran virus Covid-19 diantaranya dengan menerapkan social and
physical distancing. Hal itu berimbas pada sektor pendidikan yang mengharuskan
belajar di rumah. Belajar di rumah memberikan dampak malas belajar dan tidak
tekun mengerjakan tugas sehingga anak tidak termotivasi belajar maka dari itu
penerapan home visit ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
ditengah pandemi covid-19.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan perencanaan school from
home metode home visit dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI
Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo ;(2)mendiskripsikan pelaksanaan school from
home metode home visit dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI
Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo; dan (3) mendiskripsikan efektivitas school
from home metode home visit dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI
Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data
diambil dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Miles dan
Huberman yang terdiri dari tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data dan
kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan school from home
metode home visit yaitu hal-hal yang perlu direncanakan meliputi menetapkan
kasus, Menentukan pentingnya tujuan home visit, menyiapkan informasi
dikomunikasikan dengan keluarga, menetapkan materi pembelajaraan dan data
perencanaan Rencana Persiapan Pembelajaran (RPP) dan menyiapkan
administrasi perizinan kepada pihak terkait home visit ; (2) pelaksanaan school
from home metode home visit ini terdapat enam tahapan yaitu: perencanaan,
pelaksanaan, evaluasi, analisis evaluasi, tindak lanjut dan laporan; dan (3)
keefektivan school from home metode home visit cukup efektif dan home visit
sudah meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Ma’arif Setono.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: umi rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 03:42
Last Modified: 07 Jun 2021 03:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15480

Actions (login required)

View Item View Item