..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Reog Mini di SDN Kalimalang

Saputro, Eko (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Reog Mini di SDN Kalimalang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617086_Eko Saputro_PGMI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Saputro, Eko. 2021. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan agama Islam Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Reog Mini di SDN Kalimalang Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Muhammad Widda Djuhan, S.Ag., M.Si.

Kata Kunci : Internalisasi, Nilai-Nilai, PAI, Ekstrakurikuler, Reog Mini
Agama Islam adalah agama mayoritas yang dianut oleh penduduk Indonesia. Pendidikan Agama Islam merupakan suatu cara menyampaikan ajaran-ajaran agama Islam kepada peserta didik agara mereka mampu mengetahui dan menjalankan ajaran agama Islam dengan baik dan benar. Bangsa Indonesia sekarang ini sedang mengalami krisis multidimensional, seperti korupsi, kekerasan, anarkis, remanisme, dan nakorba. Adanya krisis multidimensional diatas menunjukkan bahwasannya nilai-nilai agama, seperti halnya internalisasi nilai-nilai PAI pada anak masih belum berhasil. Internalisasi nilai-nilai PAI tidak hanya dapat dilakukan melalui mata pelajaran PAI saat kegiatan belajar mengajar saja, akan tetapi dapat dimasukkan melalui ekstrakurikuler kesenian tradisi. Bentuk kesenian tradisi ini dapat bermacam-macam, salah satunya adalah kesenian Reog Ponorogo. Kesenian Reog Ponorogo memiliki beberapa bentuk penyajian, salah satunya adalah Reog Mini yang disajikan dengan semua pemain berusia anak-anak atau remaja. Internalisasi nilai-nilai PAI dalam ekstrakurikuler reog mini di SDN Kalimalang dirasa perlu untuk mengatasi krisis multidimensional tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pelaksanaan pendidikan agama Islam di SDN Kalimalang. (2) menjelaskan proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler reog mini di SDN Kalimalang Ponorogo. (3) menjelaskan implikasi proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler reog mini di SDN Kalimalang Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis Milles dan Hubberman.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pendidikan agama Islam di SDN Kalimalang menggunakan kurikulum K-13, Guru PAI di SDN Kalimalang selalu berusaha mengaitkan materi-materi PAI dengan fenomena nyata disekitar siswa melalui model pembelajaran kontekstual. Salah satu contohnya adalah internalisasi materi PAI kedalam ekstraurikuler Reog mini yang ada disekolah. (2) Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam eksrakurikler reog mini di SDN Kalimalang dilaksanakan dengan berbagai strategi dan pendekatan. Strategi yang digunakan cenderung menggunakan strategi tradisional. sedangkan pendekatan yang digunakan ada enam yakni diantarnya pendekatan pengalaman, pendekatan pembiasaan. pendekatan emosional, pendekatan rasional, pendekatan fungsional, dan pendekatan keteladanan. (3) Implikasi internalisasi nilai-nilai PAI dalam ekstrakurikuler reog mini di SDN Kalimalang dapat dikatakan berhasil. Akan tetapi untuk mencapai keberhasilan tersebut memerlukan waktu untuk siswa berproses. Sistem nilai yang telah tertanam dalam diri siswa diantaranya kesabaran, tolong-menolong, murah hati, setia, menghormati orang lain, serta taat dan patuh pada perintah Allah dan menjauhi larangan-larangannya. Implikasi internalisasi nilai-nilai PAI tersebut tercermin pada perilaku siswa sehari-hari seperti sabar menikmati proses, penurut dan tidak berani melawan gurunya, hidup rukun dengan sesama temannya, merasa masih sama-sama belajar, kerjasama baik dengan teman, dan melaksanakan rajin melksanakan ibadah sholat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 03:21
Last Modified: 07 Jun 2021 03:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15473

Actions (login required)

View Item View Item