PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR INTERNET DAN MINAT TERHADAP PRESTASI IPS TERPADU DI SMP MUHAMMADIYAH 5 NGAWI

Ramadhani, Ubudiyah Yaumiyah Isna (2021) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR INTERNET DAN MINAT TERHADAP PRESTASI IPS TERPADU DI SMP MUHAMMADIYAH 5 NGAWI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211417007_UBUDIYAH YAUMIYAH_TADRIS IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sumber belajar internet merupakan suatu teknologi informasi yang berfungsi untuk memberikan kemudahan dan keleluasaan dalam menggali ilmu pengetahuan. Secara teoritik sumber belajar internet dan minat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa dan memberikan dampak positif serta dampak negatif. Proses pembelajaran dalam pendidikan diera yang seperti ini sangat berbeda dengan pembelajaran sebelumnya. Keadaan siswa yang menganggap bahwa mata pelajaran IPS Terpadu merupakan pelajaran yang membosankan apalagi dengan adanya covid-19 ini. Pembelajaran dilakukan secara daring dengan sumber belajar internet. Hal tersebut dapat dilihat saat siswa mengikuti pembelajaran sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar internet terhadap prestasi IPS Terpadu, untuk mengetahui pengaruh minat terhadap prestasi IPS Terpadu, untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar internet dan minat terhadap prestasi IPS Terpadu Di SMP Muhammadiyah 5 Ngawi
Rancangan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Ex Post Facto, yaitu penelitian dimana variabel- variabel bebas telah terjadi ketika peneliti mulai dengan pengamatan variabel-variabel terikat dalam suatu penelitian. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel 56 dari 56 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi nilai UAS. Data tersebut dianalisis menggunakan uji prasyarat, Uji Regresi Linear sederhana dan uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS Versi 2.3
Hasil penelitian dari rumusan masalah ini yaitu terdapat pengaruh signifikan Pemanfaatan sumber belajar internet terhadap prestasi belajar bahwa F hitung 26,853 > F table 2,005 dengan presentasi 33,2% dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. F hitung maka H0 ditolak artinya pemanfaatan sumber belajar internet (X1) berpengaruh terhadap Prestasi Belajar (Y). Minat terhadap prestasi belajar IPS Terpadu ada pengaruh yang signifikan bahwa nilai F hitung 36,574 > F table 2,005 dengan presentasi 40,4% dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh minat ( X2 ) secara simultan terhadap Prestasi Belajar (Y). Pengaruh pemanfaatan sumber belajar internet dan minat terhadap Prestasi Belajar IPS Terpadu ada pengaruh ada pengaruh yang signifikan bahwa nilai F hitung 18,279 > F table 3,18 dengan presentasi 40,8% dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh pemanfaatan sumber belajar internet (X1) dan minat ( X2 ) secara simultan terhadap Prestasi Belajar (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 03:19
Last Modified: 07 Jun 2021 03:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15469

Actions (login required)

View Item View Item