Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Zubaidah, Aisyah Noor (2021) Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
AISYAH NOOR ZUBAIDAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zubaidah, Aisyah Noor 2021. Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar IPS Terpadu Kelas VIII Di SMPN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Risma Dwi Arisona, M.Pd.

Kata Kunci: Google Classroom, Motivasi Belajar, IPS Terpadu

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang menentukan efektivitas dalam pembelajaran.Dalam proses pengajaran, lima komponen yang sangat penting adalah tujuan, materi, metode,penilaian media dan pembelajaran. Kelima aspek ini saling mempengaruhi. pemilihan satu metode pengajaran yang spesifik akan berdampak pada jenis media pembelajaran yang sesuai.
Teknologi infomasi sekarang berkembang sangat pesat. Perkembangan yang sangat pesat membuat teknologi informasi memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan. Salah satu peranan penting nya adalah mampu menyediakan media pembelajaran yang praktis, menarik dan inovatif. Google classroom merupakan salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan pada pembelajaran online. Google classroom memberikan banyak fitur menarik yang mampu memberikan motivasi dalam diri seorang siswa dalam proses pembelajaran. Kelebihan yang dimilki google classroom menjadi salah satu daya tarik google classroom digunakan sebagai media pembelajaran online
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan google classroom dengan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey. Metode penelitian survey adalah metode dengan mengambil sampel dari populasi dan menggunakan anget dalam pengambilan data. Pelaksanaan eksperimen penelitian ini menggunakan satu kelompok diukur variabel terikatnya setelah itu diberikan stimulus pada variabel bebasnya tanpa adanya kelompok pembanding. Peneliti menggunakan angket sebagai instrument pengumpulan data.
Pada analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut; 1) Berdasarkan Uji regresi linear sedehana diperoleh nilai signifikasi 0,000 yang lebih kecil dari probalitas 0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan google classrroom terhadap motivasi belajar . 2). Pada tabel R Square diperoleh nilai 0,444 yang artinya 44,4 % motivasi belajar ssiwa dipengaruhi oleh google classroom dan sisanya 55,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Presentase 44,4% ini masuk dalam kategori cukup. Artinya motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh google classroom sebanyak 44,4% masuk dalam kategori cukup.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 03:17
Last Modified: 07 Jun 2021 03:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15466

Actions (login required)

View Item View Item